CONTOHTEKS
 

Fungsi dan Macam Nilai Sosial dalam Kehidupan Masyarakat

 

CONTOHTEKS.NET – Jika dilihat dari segi bahasanya, nilai memiliki makna yang berarti kadar, mutu, atau sifat yang memiliki kegunaan sangat penting bagi kehidupan manusia.

 

Di sisi lain, nilai sosial merupakan asumsi atau petunjuk abstrak yang sering kali kurang disadari, bagian mana yang benar atau apa yang sebenarnya penting.

Dalam suatu masyarakat, nilai sosial yang dianut tentunya berbeda dengan yang dianut oleh masyarakat lain. Namun hal ini bukan berarti bahwa tidak ada nilai yang dianut oleh masyarakat secara umum. Beberapa nilai sosial yang dianut secara umum yaitu yang berkaitan dengan etika, serta nilai keagamaan.

CIRI-CIRI NILAI SOSIAL

Terdapat beberapa ciri yang menandakan suatu nilai sosial, ciri tersebut antara lain sebagai berikut:

BACA:  Provinsi di Indonesia yang Disebut Serambi Mekah

FUNGSI NILAI SOSIAL

Selain ciri, ada pula fungsi tertentu yang secara umum dimiliki oleh nilai sosial, yaitu:

MACAM-MACAM NILAI SOSIAL

Nilai sosial, umumnya dapat kita bagi menjadi dua, yaitu:

a. Nilai Sosial Dominan

BACA:  Apa yang Dimaksud dengan Saklar?

Nilai sosial dominan adalah suatu nilai yang tergolong sangat penting, terutama bila dibandingkan dengan nilai sosial lainnya. Terdapat beberapa kriteria yang harus terpenuhi sehingga nilai sosial dikatakan sebagai nilai sosial dominan.

b. Nilai Sosial yang Mendarah Daging

Disini, nilai sosial tersebut memiliki arti yaitu nilai sosial dianggap telah menjadi bagian dari kepribadian bagi masyarakat, dikatakan sebagai suatu kebiasaan yang secara terus menerus terjadi dan berlangsung dalam kehidupan masyarakat.

Prof. Notonegoro mengemukakan bahwa dalam lingkungan masyarakat, sebenarnya nilai sosial dapat dibedakan menjadi tiga bagian, yaitu:

1. Nilai Material

Nilai material adalah suatu nilai yang tercipta dari sebuah materi ataukah benda yang terkait satu sama lain. Sebagai contoh misalnya minuman mempunyai nilai karena merupakan hal yang sangat dibutuhkan manusia terutama dalam memenuhi hasrat pemenuhan energi.

BACA:  Jenis-Jenis Otot Manusia

2. Nilai Vital

Nilai Vital merupakan nilai dengan kegunaan tertentu. Seperti misalnya, gunting mengandung nilai karena berfungsi untuk memotong sesuatu. Apabila gunting tersebut menjadi tumpul, maka itu berarti bahwa gunting tersebut akan mengalami penyusutan nilai karena dianggap sudah tidak berguna lagi.

3. Nilai Spiritual

Nilai spiritual dapat dikatakan sebagai suatu nilai yang padati ada di dalam kejiwaan manusia.

PERAN NILAI SOSIAL

Di dalam kehidupan manusia, nilai memang memainkan peranan yang sangat penting:

Itulah penjelasan mengenai fungsi, macam, serta peran nilai sosial dalam kehidupan masyarakat.