CONTOHTEKS
 

Struktur Morfologi pada Akar Tumbuhan

 

CONTOHTEKS.NET – Akar merupakan bagian pokok dari tumbuhan yang terletak di samping batang dan daun yang tumbuh menuju inti bumi kormus. Akar memiliki banyak fungsi dan peranan dalam mendukung metabolisme tumbuhan.
SIFAT-SIFAT AKAR TUMBUHAN

  1. Merupakan bagian tumbuhan yang biasanya terdapat di dalam tanah, dengan arah tumbuh ke pusat bumi (geotrop) atau menuju ke air (hidrotrop), serta meninggalkan udara dan cahaya.
  2. Tidak berbuku-buku, juga tidak beruas dan tidak mendukung daun-daun atau sisik-sisik maupun bagian-bagian lainnya.
  3. Warnanya tidak hijau, tetapi biasanya keputih-putihan atau kekuning-kuningan.
  4. Tumbuh terus pada ujungnya, tetapi umumnya pertumbuhannya masih kalah pesat jika dibandingkan dengan bagian permukaan tanah.
  5. Bentuk ujungnya seringkali meruncing, hingga lebih mudah untuk menembus tanah.
BACA:  Sejarah Indonesia Setelah Merdeka

FUNGSI AKAR TUMBUHAN

  1. Untuk menyokong dan memperkokoh berdirinya tumbuhan di tempat hidupnya.
  2. Untuk menyerap air dan garam-garam mineral (zat-zat hara) dari dalam tanah.
  3. Mengangkut air dan zat-zat makanan yang sudah diserap ke tempat-tempat pada tubuh tumbuhan yang memerlukan santo.
  4. Pada beberapa macam tumbuhan ada yang berfungsi sebagai alat respirasi, misalnya tumbuhan bakau.
  5. Pada beberapa jenis tumbuhan, ada yang berguna sebagai tempat menyimpan cadangan makanan atau sebagai alat reproduksi vegetatif. Misalnya wortel yang memiliki akar tunggang yang membesar, berfungsi sebagai tempat menyimpan makanan. Sementara itu, pada tumbuhan sukun, dari bagian akar dapat tumbuh tunas yang akan tumbuh menjadi individu baru.

STRUKTUR MORFOLOGI PADA AKAR TUMBUHAN

  1. Leher/Pangkal Akar (Collum) merupakan bagian yang menghubungkan antara akar dengan batang tumbuhan.
  2. Batang Akar (Corpus Radicismeliputi bagian antara leher akar dan ujung akar.
  3. Cabang Akar (Radix Lateralismerupakan bagian yang tidak langsung bersambung dengan pangkal akar, namun keluar dari akar pokok dan dapat membentuk percabangan akar lagi.
  4. Rambut Akar/Bulu Akar (Pilus Radicalismerupakan rambut-rambut halus yang bercabang-cabang yang tumbuh dari sel-sel epidermis yang tumbuh dekat ujung akar, berfungsi untuk memperluas daerah penyerapan air dan hara mineral. Dapat dikatakan bahwa rambut akar/bulu akar adalah bagian yang tumbuh akibat penonjolan sel-sel kulit luar akar yang panjang yang bentuknya seperti rambut atau bulu.
  5. Ujung Akar (Apex Radicis) merupakan bagian paling bawah dari morfologi akar tumbuhan yang dilindungi oleh tudung akar (kaliptra). Bagian ini merupakan bagian akar yang paling muda yang terdiri atas jaringan-jaringan yang masih aktif mengalami pertumbuhan.
  6. Tudung Akar (Kaliptramerupakan bagian paling ujung dari akar yang berfungsi untuk melindungi akar terhadap kerusakan pada saat menembus partikel tanah. Bagian khusus yang terdapat di tudung akar ini adalah kaliptra yang tersusun dari sel-sel parenkim yang kadangkala mengandung pati. Kaliptra berfungsi sebagai pelindung meristem dan melumasi akar sehingga gesekan antara ujung akar dan tanah berkurang pada saat akar menembus pori-pori tanah. Umumnya pada banyak tumbuhan, kaliptra membentuk struktur khusus yang disebut kolumela.

 

BACA:  Tahapan Replikasi Virus

Artikel ini dikunjungi dengan topik . Baca juga artikel menarik lainnya .