CONTOHTEKS
 

Cara Jantung Memompa Darah

 

CONTOHTEKS.NET – Jantung merupakan salah satu organ dalam tubuh manusia yang berupa sebuah rongga organ berotot yang akan menjalankan fungsinya dalam memompa darah melalui pembuluh darah dengan kontraksi berirama yang berulang. Oleh karena itu, jantung adalah salah satu organ dalam tubuh manusia yang berperan dalam sistem peredaran darah.
Jantung adalah salah satu otot tunggal yang terdiri dari lapisan endothelium. Jantung terletak di dalam rongga torakik, di balik tulang dada. Struktur jantung berbelok ke bawah dan sedikit ke arah kiri. Massanya kurang lebih 300 gram, besarnya sebesar kepalan tangan. Jantung hampir sepenuhnya diselubungi oleh paru-paru, namun tertutup oleh selaput ganda yang bernama perikardium yang tertempel pada diafragma.
Lapisan pertama menempel sangat erat pada jantung, sedangkan lapisan luarnya lebih longgar dan berair, untuk menghindari gesekan antar organ dalam tubuh yang terjadi karena gerakan memompa konstan jantung. Jantung dijaga di tempatnya oleh pembuluh-pembuluh darah yang meliputi daerah jantung yang datar, seperti di dasar dan di samping. 2 garis pembelah yang terbentuk dari otot pada lapisan luar jantung menunjukkan di mana dinding pemisah di antara serambi dan bilik jantung.
CARA JANTUNG MEMOMPA DARAH

BACA:  Apa yang Dimaksud Derajat Keasaman?

 
Normalnya, jumlah darah yang terpompa menuju paru-paru sama dengan jumlah darah yang terpompa ke seluruh tubuh.
Ketika beristirahat, jantung berdetak kurang lebih 72 kali per menit. Latihan fisik biasanya mengangkat jumlahnya, namun jumlahnya melambat selama beberapa waktu, namun hal ini justru baik untuk jantung. Karena jantung merupakan salah satu organ terpenting tubuh, maka kelainan pada jantung dapat berisiko kematian. Dalam hal ini, ada 2 masalah serius yang bisa ditimbulkan dari gangguan pada organ jantung, yaitu penyakit jantung dan serangan jantung.
 

Artikel ini dikunjungi dengan topik . Baca juga artikel menarik lainnya .