CONTOHTEKS
   

Faktor Utama Penyebab Terjadinya Penyimpangan Sosial

 

CONTOHTEKS.NET – Salah satu ahli sosiologi, yaitu Bruce J. Cohan telah mendefenisikan penyimpangan sosial atau perilaku menyimpang sebagai suatu perilaku yang gagal (tidak berhasil) dalam menyesuaikan diri dengan kehendak-kehendak masyarakat atau kelompok tertentu dalam masyarakat. Sementara itu, Wilnes dalam bukunya ‘Punishment and Reformation’ mengemukakan tentang 2 faktor utama penyebab terjadinya penyimpangan sosial, yaitu:

  1. Faktor subjektif adalah faktor yang berasal dari seseorang itu sendiri (sifat pembawaan yang dibawa sejak lahir).
  2. Faktor objektif adalah faktor yang berasal dari luar (lingkungan). Contoh: keadaan rumah tangga, seperti hubungan antara orang tua dan anak yang tidak serasi.

Jika diuraikan lebih rinci, maka penyimpangan sosial yang disebabkan oleh faktor individu atau faktor subjektif terdiri dari beberapa hal, yaitu:

BACA:  Contoh Penerapan Landasan Hukum
 

PENGGOLONGAN PENYIMPANGAN SOSIAL
Penyimpangan sosial sendiri dapat digolongkan menjadi 3 kelompok yang penting, yaitu:

  1. Tindakan non conform, yaitu tindakan yang tidak sesuai dengan nilai-nilai atau norma-norma yang berlaku. Contoh: mengenakan sandal jepit ke sekolah, meninggalkan jam-jam pelajaran, merokok di area larangan merokok, serta membuang sampah bukan pada tempatnya, dan sebagainya.
  2. Tindakan anti sosial, yaitu tindakan yang melawan kebiasaan masyarakat atau kepentingan umum. Contoh: menarik diri dari pergaulan, tidak mau berteman, keinginan untuk bunuh diri, minum minumman keras, serta menggunakan narkotika, dan sebagainya.
  3. Tindakan kriminal, yaitu tindakan yang nyata-nyata telah melanggar hukum tertulis dan mengancam jiwa atau keselamatan orang lain. Contoh: pencurian, perampokan, perkosaan, pembunuhan, korupsi, dan sebagainya.
BACA:  Kegunaan Sumber Daya Alam Hayati dan Non-Hayati

Artikel ini dikunjungi dengan topik . Baca juga artikel menarik lainnya properti seni tari language:idtahap berkembang bertambahnya usia seseorangproperti yang digunakan dalam tari jaranan adalahpenyakit yg bs disebbkn oleh bilu kucing pd anak dn balitaPanduan identifikasi identifikasi partisipasi keluarga dalam pengambilan keputusa dalam pelayanantuliskan pendapat kalian ttg solusi untuk mengatasi masalah kelangkaan batu bara tersebutperbedaan negara serikat dan perserikatan negara.