CONTOHTEKS
   

Jaringan Dasar pada Tumbuhan

 

CONTOHTEKS.NET – Jaringan dasar pada tumbuhan adalah jaringan yang mengisi sebagian besar tumbuh tumbuhan.

 

Fungsi utama dari jaringan dasar pada tumbuhan adalah mengisi biomassa, menjalankan berbagai fungsi fisiologi vital, dan menopang serta memberi bentuk tubuh tumbuhan.

Jaringan dasar pada tumbuhan biasanya dikelompokkan menjadi 3 jenis jaringan berdasarkan derajat penebalan dinding selnya, yaitu:

1) Parenkima

Parenkima adalah jaringan dasar yang utama. Sel-sel parenkim ditemukan pada akar dan batang terutama sebagai pengisi bagian korteks batang, daun, bunga, buah, dan biji.

Parenkim di daun yang berfungsi sebagai tempat berlangsungnya fotosintesis disebut juga klorenkima, yaitu jaringan mesofil, yang mencakup jaringan tiang/palisade dan jaringan spons. Disebut klorenkima karena mengandung klorofil.

BACA:  Sebutkan Macam-macam Hewan Amfibi

Parenkima praktis mengisi hampir semua bagian tumbuhan, seperti:

2) Kolenkima

Kolenkima merupakan sejenis jaringan dasar yang berperan sebagai jaringan penguat atau mekanik. Dinding sel kolenkim mengalami penebalan pada dinding primer. Penebalan ini tidaklah menyeluruh, biasanya hanya pada sudut atau sisi tertentu saja.

BACA:  Sebutkan Nama Penjelajah Samudera dan Apa yang Ditemukan?

Keberadaan kolenkima akan memperkuat struktur organ tumbuhan. Organ tumbuhan mendapat bentuknya karena adanya tekanan turgor sel pada dinding sel. Kolenkima akan memperkuat struktur organ sehingga tidak mudah layu apabila tekanan turgor menurun. Contoh:

3) Sklerenkima

Sklerenkima merupakan sekelompok jaringan dasar yang tersusun dari struktur dinding sel yang mengeras karena mengandung endapan selulosa dan lignin.

Endapan ini demikian tebal sehingga hanya menyisakan sedikit lumen (ruang di dalam dinding sel). Sklerenkima yang “masak” terbentuk setelah protoplasmanya mengalami lisis (pecah) sehingga meninggalkan kerangka keras yang akan menopang tubuh tumbuhan.

BACA:  Bentuk Muka Bumi dari Masa ke Masa (Bagian 1)

Sklerenkima mudah ditemukan pada bagian batang dan akar, khususnya pada bagian yang mengeras, seperti lapisan serat dan bagian pelindung jaringan pembuluh.

Berbagai serat nabati bermanfaat yang digunakan dalam industri, seperti serat rami dan serat yute, terbentuk dari sklerenkima. Batok kelapa merupakan endokarp buah yang tersusun dari sklerenkima dengan lignifikasi yang dahsyat

Artikel ini dikunjungi dengan topik . Baca juga artikel menarik lainnya kitab suci agama hinduteks analogi adalahgambar artikel kesatuan dan kesatuan disekolahcontoh laporan informalsyarat berdirinya suatu negaraperbedaan fototaksis positif dengan negatifnama sunan yang penyebaran agamanya menggunakan metode wayang dam GendingBeruang madumahal mana besi atau alumunium untuk penghantar magnetteks analogib indonesia adalah.