CONTOHTEKS
 

Karakteristik Retikulum Endoplasma (RE)

 

CONTOHTEKS.NET – Semua sel eukariotik memiliki organel yang disebut Retikulum Endoplasma (Endoplasmic Reticula). Retikulum Endoplasma merupakan bagian sel yang terdiri atas sistem membran. Di sekitar Retikulum Endoplasma terdapat bagian sitoplasma yang disebut sitosol. Retikulum Endoplasma sendiri terdiri atas ruangan-ruangan kosong yang ditutupi dengan membran dengan ketebalan sekitar 4 nm (nanometer atau sekitar 10−9 meter). Membran ini berhubungan langsung dengan selimut nukleus (nuclear envelope). Sebagai suatu bagian sel yang terdiri atas sistem membran, Retikulum Endoplasma memiliki beberapa fungsi penting, yaitu:

BACA:  Jenis Sendi dan Letaknya

KARAKTERISTIK RETIKULUM ENDOPLASMA

BACA:  Sejarah Kerajaan Majapahit

3 JENIS RETIKULUM ENDOPLASMA

  1. Retikulum Endoplasma Kasar. Merupakan jenis Retikulum Endoplasma yang bertekstur kasar karena di permukaannya terdapat bintik-bintik yang merupakan ribosom. Ribosom ini berperan dalam sintesis protein. Itulah sebabnya, fungsi utama Retikulum Endoplasma Kasar adalah sebagai tempat sintesis protein.
  2. Retikulum Endoplasma Halus. Merupakan kebalikan dari tekstur Retikulum Endoplasma Kasar karena permukaan dari jenis Retikulum Endoplasma ini adalah halus dengan tidak adanya bintik-bintik ribosom. Retikulum Endoplasma Halus berfungsi dalam beberapa proses metabolisme, yaitu sintesis lipid, metabolisme karbohidrat dan konsentrasi kalsium, detoksifikasi obat-obatan, dan tempat melekatnya reseptor pada protein membran sel.
  3. Retikulum Endoplasma Sarkoplasmik. Merupakan jenis khusus dari Retikulum Endoplasma Halus yang ditemukan pada otot licin dan otot lurik. Yang membedakan Retikulum Endoplasma Sarkoplasmik dari Retikulum Endoplasma Halus adalah kandungan proteinnya, dimana Retikulum Endoplasma Halus mensintesis molekul, sementara Retikulum Endoplasma Sarkoplasmik menyimpan dan memompa ion kalsium. Retikulum Endoplasma Sarkoplasmik berperan dalam pemicuan kontraksi otot.
BACA:  Dimanakah Biasanya di Lakukan Acara Pemilihan Ketua RT?

Artikel ini dikunjungi dengan topik . Baca juga artikel menarik lainnya .