CONTOHTEKS
 

Karakteristik Wilayah Daratan dan Perairan Indonesia

 

CONTOHTEKS.NET – Kali ini kita akan membahas seputar karakteristik wilayah daratan dan perairan (lautan) di Indonesia. Sebagaimana kita ketahui bersama, Indonesia adalah negara kepulauan yang dikelilingi oleh perairan laut yang sangat luas.
Secara umum, Indonesia merupakan kepulauan yang berada diantara dua benua yang beriklim tropis, dan terletak diantara dua samudera yang memiliki kandungan sumberdaya alam melimpah.
Baik wilayah daratan maupun wilayah perairan (lautan) Indonesia memiliki karakteristik masing-masing yang relatif berbeda dengan negara lainnya di dunia.

Karakteristik Wilayah Daratan Indonesia

Pertemuan dua benua membuat wilayah Indonesia memiliki keaneka ragaman hayati. Wilayah Indonesia bagian barat dipengaruhi flora dan fauna Asia, sedangkan wilayah bagian timur dipengaruhi flora dan fauna benua Australia.
Bentuk wilayah Indonesia yang berupa kepulauan membuat beragamnya suku dan budaya Indonesia, karena setiap pulau yang terpisah memiliki perkembangan sejarah sendiri yang menumbuhkan beragam kebudayaan.
Pertemuan dua benua ini juga merupakan pertemuan dua lempeng patahan bumi. Akibatnya banyak gunung berapi yang berada di Indonesia. Ini membuat lahan indonesia subur dari endapan abu volkanik. Tapi ini juga membuat Indonesia rentan terhadap letusan gunung berapi.

BACA:  Teknik-teknik dalam Geografi

Karakteristik Wilayah Perairan (Lautan) Indonesia

Letak Indonesia yang berada di pertemua dua samudera membuat lautan Indonesia mejadi pertemuan dua arus lautan. Sementara lokasi Indonesia yang berada di khatulistiwa membuat Indonesia menerima sinar matahari yang banyak, yang mendukung tumbunya plankton.
Hal ini membuat lautan Indonesia kaya akan keangekaragaman hayati. Keanekaragaman hayati ini terlihat di banyaknya terumbu karang di lauran Indonesia seperti di Derawan, Nusa Penida, Bunake, Takabonerate, Wakatobi dan Raja Ampat.
***
Demikianlah penjelasan seputar karakteristik wilayah daratan dan karakteristik wilayah perairan di Indonesia. Semoga penjelasan ini bermanfaat untuk Anda.

Artikel ini dikunjungi dengan topik . Baca juga artikel menarik lainnya .