CONTOHTEKS
 

Teknik Pembuatan Iklan Agar Tepat Sasaran

 

Seperti diketahui bahwa iklan dapat membangkitkan daya tarik tersendiri terhadap produk – produk yang diiklankan.

 

Diharapkan sebagian besar iklan dapat menarik minat atau perhatian dari siapa saja yang melihatnya.

Teknik Membuat Iklan yang Bagus

Dalam menyampaikan pesan – pesan iklan agar mampu membujuk pemirsanya sekaligus mempertahankan dan membangkitkan daya ingat konsumen terhadap produk yang ditawarkan kepada mereka, iklan membutuhkan teknik pembuatan iklan agar tepat sasaran, antara lain sebagai berikut:

Memegang peranan pendukung

Beberapa iklan memperoleh kesempatan berupa dukungan – dukungan yaitu dukungan endorsement yang bersifat eksplisit terhadap beberapa tokoh populer yang sebelumnya sudah dikenal di dunia (para selebritis).

Dukungan yang dimaksudkan dalam hal ini adalah bisa diberikan juga oleh produk – produk yang akan mendapatkan dukungan eksplisit dari kelompok non selebritis.

Berdasarkan atas urutan – urutan dari tingkat kepentingannya maka di dalam membuat iklan perlu memperhatikan beberapa pertimbangan antara lain sebagai berikut pertimbangan kredibilitas endorser, cocok atau tidaknya endorser terhadap khalayak, cocok atau tidaknya endorser dengan merek – merek yang ditawarkan, memiliki daya tarik endorser yang mampu memikat dan pertimbangan yang lainnya.

BACA:  Apa yang Dimaksud dengan Narasumber

Mempunyai daya tarik humor

Agar orang – orang yang melihat iklan menjadi perhatian dan mampu menciptakan suatu kesadaran merek maka dibutuhkan penyisipan humor di dalamnya.

Jika hal ini bisa dilakukan secara profesional maka humor merupakan salah satu tehnik periklanan yang bisa bersifat sangat efektif untuk pencapaian sebuah tujuan.

Memiliki daya tarik terhadap rasa khawatir / takut

Penggunaan rasa khawatir / takut dalam hal ini diharapkan bisa bersifat efektif sebagai salah satu cara untuk dapat meningkatkan motivasi.

Biasanya para pengiklan rata – rata akan mencoba untuk memotivasi para pelanggan mereka guna dapat mengolah informasi lalu selanjutnya akan melakukan beberapa tindakan dengan menyisipkan daya tarik berupa rasa takut yang menjelaskan tentang konsekuensi bersifat negatif apabila tidak memakai produk – produk yang diiklankan atau memberikan konsekuensi negatif terhadap beberapa perilaku yang kurang baik.

BACA:  Jenis-jenis Konjungsi Berdasarkan Fungsinya

Menyisipkan daya tarik berupa rasa bersalah

Seperti penjelasan dari kami tersebut di atas tentang rasa khawatir / takut maka rasa bersalah dalam hal ini bisa dijadikan sebagai salah satu pemikat emosi yang bersifat negatif.

Perlu diketahui bahwa daya tarik berupa rasa bersalah sifatnya harus kuat secara emosional untuk dapat memotivasi sekelompok orang (dewasa) untuk bersedia melakukan tindakan – tindakan yang bertanggung jawab yang menyebabkan terjadinya kondisi penurunan dalam daya tarik rasa bersalah.

Pengaplikasian pemakaian unsur – unsur seksual

Beberapa iklan yang menggunakan daya tarik seksual di dalam pembuatan iklan diharapkan akan menjadi bersifat lebih efektif dalam pencapaian maksud apabila hal ini dihubungkan dengan pesan – pesan penjualan di dalam iklan bersangkutan.

Gunakan cara ini dengan benar dan profesional sehingga bisa mendorong memunculkan perhatian, meningkatkan ingatan lalu menciptakan asosiasi yang cukup menyenangkan terhadap produk yang diiklankan.

Menggunakan daya tarik musik

Sejak lama musik berfungsi sebagai salah satu komponen penting di dunia periklanan yaitu ketika ditemukannya mesin perekam suara untuk pertama kalinya.

BACA:  Contoh Teks Eksposisi Pro dan Kontra

Perkembangan selanjutnya sangat pesat dengan ditandai kemunculan jingle, nada – nada populer, aransemen klasik dan musik – musik latar.

Masing – masing bermanfaat agar mampu menarik minat perhatian para pembaca, menyampaikan dan menyalurkan beberapa pesan penjualan, dan memberikan tekanan emosianal terhadap iklan yang dibuat agar mampu memberi pengaruh bagus terhadap suasana hati.

Jenis – Jenis Iklan

Menurut pendapat dari Tjiptono menjelaskan tentang jenis – jenis iklan bisa dibedakan berdasarkan atas media yang diaplikasikan untuk iklan yang sedang dibuat antara lain sebagai berikut :

Berdasarkan penjelasan dari kami tersebut di atas maka dapat disimpulkan tentang pengertian dari iklan adalah sebagai media informasi yang sengaja dibuat melalui cara – cara tertentu guna dapat menarik minat pembaca atau penonton dan bersifat asli serta mempunyai karakteristik – karakteristik tertentu dan persuasif.

Diharapkan selanjutnya para konsumen akan secara sukarela terdorong untuk melaksanakan / melakukan sesuatu tindakan disesuaikan dengan apa – apa saja yang diinginkan oleh pihak pengiklan.