CONTOHTEKS
 

Pengertian, Jenis, Ciri dan Bentuk Kata Kerja

 

Melalui artikel kami kali ini akan membahas tentang segala hal yang berhubungan dengan pelajaran Bahasa Indonesia mencakup tentang pengertian kata kerja, jenis kata kerja dan contoh, ciri – ciri kata kerja, dan bentuk – bentuk kata kerja.

Pengertian Kata Kerja

 

Yang dimaksud dengan kata kerja atau diistilahkan dengan nama verba adalah segala hal tentang kata – kata yang memiliki fungsi untuk memberikan penjelasan tentang semua kegiatan atau aktivitas yang terjadi. Atau segala perbuatan atau kegiatan yang biasa dilakukan oleh seseorang atau sekelompok orang.

Kata kerja atau verba merupakan sekumpulan kata – kata yang mempunyai fungsi guna memberikan penjelasan sekaligus memberikan penunjuk / petunjuk terhadap suatu tindakan seseorang / sekelompok orang (dalam hal ini menjadi subjek).

Jenis – Jenis Kata Kerja

Kata kerja atau verba memiliki dua jenis atau dua macam diantaranya adalah yang pertama yaitu kata kerja transitif dan yang kedua adalah kata kerja intransitif. Berikut penjelasan yang dapat kami berikan kepada para pembaca.

BACA:  Contoh Cerpen Singkat

Jenis kata kerja transitif memiliki definisi adalah merupakan sekumpulan kata kerja yang memerlukan / membutuhkan sebuah objek di dalam memberikan penjelasan tentang apa – apa saja yang dijelaskan atau tertera dari sebuah predikat di dalam suatu kalimat.

Contoh yang dapat kami berikan dalam hal ini adalah sebagai berikut:

Contoh – contoh kalimat tersebut di atas memiliki pola subjek – predikat – objek yang mudah digambarkan melalui contoh kalimat yang diberikan.

Keempat contoh bersangkutan menjelaskan tentang kata kerja transitif seperti adik, kakak, ibu, dan kakek memegang peranan sebagai subjek dalam kalimat.

Sedangkan membeli, mencuci, menjemur, dan mendorong berfungsi sebagai predikat dan kata sepatu, pakaian, nasi dan sepeda dalam hal ini adalah sebagai objek kalimat.

Fungsi objek dalam hal ini adalah guna memberikan penjelasan dari predikat terhadap kalimat bersangkutan karena tanpa adanya objek maka kalimat – kalimat tersebut akan terdengar janggal.

BACA:  Tata Cara Penulisan Kata

Kata kerja transitif berdasarkan atas bentuknya bisa dibedakan menjadi dua bagian yaitu kata kerja transitif berimbuhan dan kata kerja transitif tidak berimbuhan.

Sedangkan definisi dari kata kerja intransitif adalah salah satu jenis kata kerja yang tidak membutuhkan / memerlukan sebuah objek di dalam serangkaian kalimat.

Pada kalimat yang berpredikat maka jenis kata kerja ini tidak memerlukan kata – kata tambahan guna mendapatkan kalimat yang diharapkan.

Apabila anda beranggapan perlu untuk menyempurnakan maka bisa memberi tambahan di dalamnya yang merupakan unsur – unsur pelengkap atau keterangan terhadap kalimat yang dibuat.

Untuk memperjelas kami berikan beberapa contoh terkait sebagai berikut :

Adapun pola kalimat tersebut di atas adalah subjek dan predikat. Jika diinginkan untuk menambahkan kata – kata pelengkap agar kalimat tampil sempurna maka bisa memberikan tambahan berupa keterangan di belakangnya menjadi ibu tidur lelap dan seterusnya.   

BACA:  Isi yang Terkandung dalam Syair Perahu

Ciri Yang Menyertai Kata Kerja 

  1. Kata kerja bersangkutan bisa diperluas dengan cara memberikan tambahan berupa kata sifat sesudahnya.
  2. Secara inti menjelaskan bahwa kata kerja bisa diawali dengan kata – kata pernyataan waktu.
  3. Secara garib besar kata kerja / verba diawali dengan imbuhan seperti me, di, ter, kan, ber ….. an, memper ….. an, dan memper ….. i.
  4. Secara inti selalu menyertakan kata kerja.
  5. Di dalamnya mengandung arti sebuah proses.
  6. Di dalamnya terdapat / terkandung makna sebuah perbuatan, kegiatan atau tindakan.

Bentuk-bentuk Kata Kerja

Berdasarkan atas penjelasan dari kami tersebut di atas maka dapat diberikan penjelasan mengenai ragam bentuk kata kerja antara lain sebagai berikut:

  1. Kata kerja pasif.
  2. Kata kerja aktif.
  3. Kata kerja berimbuhan.
  4. Kata kerja dasar.

Demikian kami menjelaskan dengan singkat mengenai materi tentang kata kerja atau verba. Semoga bermanfaat bagi para pembaca.