CONTOHTEKS
 

Upaya untuk Menghemat Air

 

CONTOHTEKS.NET – Sekitar 71% dari permukaan bumi kita berupa air. Bisa dikatakan bahwa air merupakan senyawa yang penting bagi semua bentuk kehidupan yang ada di bumi. Air yang terdapat di permukaan bumi ini sebagian besar terdapat di laut berupa air asin, kemudian berupa lapisan-lapisan es yang terdapat di kutub dan puncak-puncak pegunungan, ada juga yang berupa awan kemudian menjadi air hujan, lalu ada air sungai, danau, uap air, lautan es, dan sebagainya.

Dari sudut pandang biologi, air memiliki sifat-sifat yang penting untuk terciptanya suatu kelangsungan hidup pada suatu makhluk hidup. Air dapat memunculkan reaksi yang dapat membuat senyawa organik melakukan replikasi. Semua makhluk hidup juga diketahui memiliki ketergantungan terhadap air.

Air juga merupakan zat pelarut yang penting untuk makhluk hidup sekaligus merupakan bagian yang penting dalam proses metabolisme. Air juga dibutuhkan dalam fotosintesis dan respirasi. Fotosintesis menggunakan cahaya matahari untuk memisahkan atom hidroden dengan oksigen. Hidrogen akan digunakan untuk membentuk glukosa dan oksigen akan dilepas ke udara.

Manusia sebagai salah satu makhluk hidup yang tingkatannya paling tinggi juga memiliki tingkat ketergantungan yang sangat tinggi terhadap air. Hal ini sebenarnya sudah berlaku sejak jaman dulu kala. Pada saat itu adanya peradaban manusia yang berjaya sebenarnya mengikuti sumber air.

BACA:  Air Permukaan Adalah

Mesopotamia yang disebut sebagai awal peradaban berada di antara sungai Tigris dan Euphrates. Peradaban Mesir Kuno bergantung pada sungai Nil. Pusat-pusat kehidupan manusia yang besar seperti Rotterdam, London, Montreal, Paris, New York City, Shanghai, Tokyo, Chicago, dan Hong Kong mendapatkan kejayaannya sebagian dikarenakan adanya kemudahan akses melalui perairan.

Berikut ini peran air dalam kehidupan manusia :

BACA:  Benarkah Sejarah dapat Dikatakan Sebagai Ilmu dan Seni?

Tapi tahukah kalian bahwa seiring berjalannya waktu, pasokan air yang ada di bumi ini semakin lama semakin berkurang jumlahnya? Lalu apa upaya yang dapat kita lakukan untuk menghemat air demi kelangsungan hidup generasi selanjutnya? Sebenarnya hal ini kembali lagi pada kesadaran diri masing-masing sebab meskipun himbauan dilakukan berkali-kali, itu tidak akan efektif jika kita sendiri tidak memiliki kesadaran dalam diri.

Adapun hal-hal kecil dan sederhana yang dapat kita lakukan dalam upaya untuk menghemat air, antara lain :

BACA:  Apa yang Dimaksud Dengan Glikolisis?

Itulah beberapa upaya kecil dan sederhana yang dapat dilakukan untuk menghemat air. Dengan melakukan hal tersebut maka secara tidak langsung kita telah berperan dalam menjaga kelestarian bumi ini demi kelangsungan hidup generasi selanjutnya.

Artikel ini dikunjungi dengan topik . Baca juga artikel menarik lainnya .