CONTOHTEKS
 

Mengapa Penegakan HAM Penting Dilakukan di Indonesia?

 

CONTOHTEKS.NET – Hak Asasi Manusia (HAM) merupakan hak-hak yang telah dipunyai seseorang sejak ia dalam kandungan dan berlaku secara universal. Hak-hak itu meliputi antara lain: hak untuk hidup, hak berkeluarga, hak untuk mengembangkan diri, hak keadilan, hak kemerdekaan, hak berkomunikasi, hak keamanan, dan hak kesejahteraan merupakan hak yang tidak boleh diabaikan atau dirampas oleh siapapun.

Di Indonesia sendiri, upaya penegakan HAM dilakukan oleh suatu lembaga resmi yang ditunjuk oleh pemerintah yaitu KOMNAS HAM yang terbentuk pada tahun 1993. Pembentukan Komnas HAM tentulah mendapat tanggapan yang positif dari berbagai kalangan masyarakat di Indonesia mengingat banyaknya bentuk pelanggaran HAM yang terjadi selama ini.

Dasar-dasar tentang HAM sendiri tertuang dalam berbagai piagam yang lahir akibat terjadinya sejumlah pelanggaran HAM di dunia ini. Untuk lebih jelasnya, berikut ini kronologis mengenai sejarah lahirnya HAM di dunia ini :

BACA:  2 Pemimpin Kerajaan Demak yang Membawanya ke Masa Keemasan

Penegakan HAM di Indonesia

Lalu bagaimana dengan penegakan HAM di Indonesia? Sebelum membahasnya lebih lanjut mari kita simak terlebih dahulu dasar hukum penyelenggaraan HAM di Indonesia :

1) Pancasila

  1. Sila Pertama : Hak untuk memeluk agama.
  2. Sila Kedua : Hak diperlakukan secara pantas, sesuai dengan harkat, martabat dan derajatnya.
  3. Sila Ketiga : Hak agar mengutamakan kepentingan bangsa dan negara.
  4. Sila Keempat : Hak untuk berkumpul, berpendapat, serta ikut serta dalam pemerintahan.
  5. Sila Kelima : Perimbangan hak milik dengan fungsi sosial.

2) UUD 1945

BACA:  Pengaruh Geografi dalam Kehidupan Sehari-hari

3) Tap MPR No. XVII/MPR/1998 : terdiri dari 10 bab dan 44 pasal
4) Undang-undang

Berdasarkan sejumlah uraian di atas maka dapat disimpulkan bahwa Indonesia sebenarnya telah memiliki dasar hukum yang kuat untuk menegakkan HAM tetapi dalam pelaksanaannya ternyata tidak semudah itu sebab masih banyak pula oknum masyarakat yang tidak menyadarinya.

BACA:  Extranet Adalah

Oleh karena itu penegakan HAM penting dilakukan di Indonesia sebab dengan ditegakkannya HAM maka ini merupakan suatu bentuk tindakan preventif dan korektif terhadap banyaknya penyimpangan norma yang berlaku dalam masyarakat seperti norma hukum, norma sosial, serta sejumlah penyimpangan atau pelanggaran HAM lainnya. Jika HAM telah ditegakkan maka cita-cita untuk mewujudkan tatanan kehidupan masyarakat yang damai, tentram, adil, dan sejahtera bisa tercapai.

 
 
 

Artikel ini dikunjungi dengan topik . Baca juga artikel menarik lainnya .