CONTOHTEKS
 

Bentuk Tubuh Air di Permukaan dan Pemanfaatanya

 

CONTOHTEKS.NET – Dilansir dari wikipedia, Air permukaan adalah air yang terkumpul di atas tanah atau di mata air, sungai danau, lahan basah, atau laut. Air permukaan berhubungan dengan air bawah tanah atau air atmosfer.

Air permukaan secara alami terisi melalui presipitasi dan secara alami berkurang melalui penguapan dan rembesan ke bawah permukaan sehingga menjadi air bawah tanah. Meskipun ada sumber lainnya untuk air bawah tanah, yakni air jebak dan air magma, presipitasi merupakan faktor utama dan air bawah tanah yang berasal dari proses ini disebut air meteor.

Pembagian Air Permukaan

Air permukaan dapat dibedakan menjadi dua jenis yaitu :
a. Perairan Darat
Perairan darat adalah air permukaan yang berada di atas daratan misalnya seperti rawa-rawa, danau, sungai, dan lain sebagainya.
b. Perairan Laut
Perairan laut adalah air permukaan yang berada di lautan luas. Contohnya seperti air laut yang berada di laut.

Bentuk-bentuk Air Permukaan

Sungai

Sungai adalah air tawar yang mempunyai aliran dimana sumbernya ada di daratan yang bermuara ke laut, daun, maupun sungai yang lebih besar.

BACA:  Macam-macam Objek Kajian Biologi

Air hujan, mata air, maupun cairan gletser akan mengalir melalui sebuah saluran menuju tempat yang lebih rendah. Mula-mula saluran yang di lalui ini relatif sempit dan pendek. Tetapi, secara proses alamiah aliran ini mengikis daerah-daerah yang di laluinya. Akibatnya, saluran ini semakin lama semakin lebar serta panjang, dan terbentuklah sungai.

Danau

Danau adalah cekungan-cekungan yang ada di permukaan bumi, baik itu terjadi akibat proses tektonik, vulkanik, atau proses lain yang membuat adanya cekungan, lama kelamaan akan terisi oleh air sungai yang mengalir dan bermuara di cekungan tersebut.

Danau sangat penting keberadaannya bagi kehidupan khususnya manusia, antara lain sebagai cadangan air untuk kepentingan perairan (irigasi), air minum, sebagai sumber pembangkit tenaga listrik, sebagai sarana olahraga dan rekreasi, sebagai pengatur air untuk mencegah banjir, dan sebagai tempat untuk kegiatan perikanan (tambak udang dan ikan) serta manfaat lainnya.

Danau adalah suatu badan air yang dikelilingi oleh tanah. Ada jutaan danau di dunia. Mereka ditemukan di setiap benua dan di setiap jenis lingkungan dalam pegunungan dan gurun, dan di dataran.Danau sangat bervariasi dalam ukuran. Beberapa ukuran hanya beberapa meter persegi dan cukup kecil untuk dimuat di halaman belakang Anda. Danau kecil tersebut sering disebut sebagai kolam. Danau lainnya adalah begitu besar bahwa mereka disebut laut. Laut Kaspia, di Eropa dan Asia, adalah danau terbesar di dunia, dengan luas lebih dari 370.000 kilometer persegi (143.000 mil persegi).

BACA:  Daur Hidup Cacing Hati

Danau juga bervariasi kedalamannya. Danau terdalam di dunia adalah Danau Baikal, di Rusia. Dasarnya hampir 2 kilometer (lebih dari 1 mil) di bawah permukaan. Danau lain begitu dangkal dan seseorang dapat dengan mudah menyeberang di antara mereka.

Danau ada di banyak berbagai ketinggian. Salah satu yang tertinggi adalah Danau Titicaca, di Pegunungan Andes antara Bolivia dan Peru. Ini adalah sekitar 3810 meter (12.500 kaki) di atas permukaan laut. Danau terendah adalah Laut Mati, antara Israel dan Yordania. Ini lebih dari 395 meter (1.300 kaki) di bawah permukaan laut.Air di danau berasal dari hujan, salju, es mencair, sungai, dan air tanah rembesan. Kebanyakan danau berisi air tawar.

BACA:  Danau Eyre Adalah Danau Terbesar di?

Rawa

Rawa adalah daerah yang selalu tergenang air dan mempunyai kadar air yang relatif tinggi. Air di rawa terlihat kotor karena tempat itu mengandung bahan organik yang berasal dari tumbuhan dan hewan yang mati. Akibatnya, air yang menggenang menyebabkan tanah menjadi asam.

Sebuah rawa merupakan daerah lahan secara permanen jenuh, atau diisi dengan air. Banyak rawa bahkan tertutup oleh air. Ada dua jenis utama dari rawa: rawa air tawar dan rawa-rawa air asin.

Rawa yang didominasi oleh pohon-pohon. Mereka sering disebut untuk jenis pohon yang tumbuh di dalamnya, seperti rawa cemara atau rawa kayu. Rawa air tawar biasanya ditemukan di daratan, sedangkan rawa air asin biasanya ditemukan di sepanjang daerah pesisir. Rawa merupakan daerah transisi. Mereka tidak benar-benar tanah atau benar-benar air.

Air Tanah dan Pemanfaatannya

Air tanah adalah air yang berada di bawah permukaan tanah yang mempersatukan kumpulan air yang ada di permukaan. Kumpulan air inilah yang disebut air tanah.

Pemanfaatan air tanah yaitu digunakan sebagai sumber air minum dan sebagai alternatif irigasi.

Artikel ini dikunjungi dengan topik . Baca juga artikel menarik lainnya .