CONTOHTEKS
 

Keunggulan Lokasi Indonesia

 

CONTOHTEKS.NET – Indonesia yang memiliki letak astronomis 6° – 11°LS dan 95° – 141°BT, dan letak geografis di antara benua Asia dan benua Australia, serta di antara samudera Hindia dan samudera Pasifik, menjadikan Indonesia memiliki keunggulan lokasi. Keunggulan lokasi ini dapat ditunjukkan berdasarkan iklim, geostrategis, serta kondisi tanahnya.

1. Keunggulan Iklim

Di atas telah diuraikan bahwa letak geografis Indonesia salah satunya adalah membuat Indonesia memiliki keunggulan iklim dimana Indonesia memiliki iklim tropis. Iklim tropis ini menyebabkan Indonesia memiliki pola arah angin yang selalu berganti setiap setengah tahun sekali, yaitu angin musim barat dan angin musim timur sehingga wilayah Indonesia memiliki iklim muson tropis. Iklim muson tropis artinya Indonesia memiliki iklim yang panas dengan musim penghujan dan musim kemarau yang senantiasa berganti setiap 6 bulan (setengah tahun) sekali.

Adapun keunggulan iklim muson tropis yang dimiliki oleh Indonesia antara lain:

BACA:  Apakah yang Dimaksud Dengan Pemanasan Global?

2. Keunggulan Geostrategis 

Keunggulan letak geostrategis di Indonesia berkaitan dengan letak Indonesia yang berada di antara 2 benua, yaitu benua Asia dan Australia, serta di antara 2 samudera, yaitu samudera Hindia dan samudera Pasifik. Posisi ini membuat Indonesia dikatakan strategis karena lokasinya membuat Indonesia berada di persimpangan lalu lintas perjalanan internasional. Contohnya saja, perdagangan antara bangsa-bangsa di Asia dan Australia, bahkan bangsa-bangsa lain di seluruh dunia akan selalu melewati wilayah Indonesia. Selain perdagangan yang dilakukan melalui jalur laut, perdagangannya juga dilakukan melalui jalur darat dan udara. Keunggulan geostrategis Indonesia dalam beberapa bidang, antara lain:

> Dalam bidang ekonomi:

BACA:  Jaringan Dewasa pada Tumbuhan

> Dalam bidang transportasi :

> Dalam bidang komunikasi :

3. Keunggulan Tanah

Indonesia memiliki tanah yang subur. Salah sartu penyebabnya adalah karena Indonesia berada di daerah vulkanis dimana Indonesia memiliki banyak gunung berapi yang letusannya dapat menyuburkan tanah. Letusan gunung berapi memang dapat menyuburkan tanah karena menyemburkan abu vulkanis sebagai penyubur kembali tanah yang kurang subur. Kondisi tanah yang subur inilah yang menyebabkan Indonesia fapat ditumbuhi dengan berbagai jenis tanaman dan tumbuh dengan baik. Kondisi tanah yang subuh didukung pula oleh iklim yang tropis dan sinar matahari serta curah hujan yang seimbang sehingga memberikan keunggulan komparatif tersendiri bagi wilayah negara Indonesia. Dengan kata lain, tanah yang subur dan dapat ditanami dengan berbagai jenis tanaman itu pastinya akan memberikan hasil yang besar bagi kehidupan masyarakat di Indonesia.

BACA:  Contoh Paragraf Deduktif

Tanah yang subur juga membuat Indonesia menjadi rumah bagi beragam flora dan fauna yang dapat hidup dengan baik. Kondisi ini otomatis membuat Indonesia memiliki sejumlah persediaan makanan yang cukup dan dapat diperoleh dari beragam jenis tanaman dan hewan yang dipelihara di Indonesia untuk dijadikan bahan pangan.

Artikel ini dikunjungi dengan topik . Baca juga artikel menarik lainnya .