CONTOHTEKS
   

Raja yang Paling Terkenal di Kerajaan Samudera Pasai

 

CONTOHTEKS.NET – Kerajaan Samudera Pasai dikenal juga dengan nama ‘Samudera Darussalam’ atau ‘Kesultanan Pasai’. Samudera Pasai adalah kerajaan Islam yang terletak di pesisir pantai utara Sumatera, kurang lebih terletak di sekitar Kota Lhokseumawe dan Aceh Utara, Provinsi Aceh, Indonesia.

Meskipun tidak begitu banyak bukti arkeologis tentang kerajaan ini yang dapat digunakan sebagai bahan kajian sejarah, namun beberapa sejarawan memulai menelusuri keberadaan kerajaan Samudera Pasai berdasarkan dari hikayat Raja-raja Pasai yang dikaitkan dengan beberapa makam Raja serta penemuan koin berbahan emas dan perak yang tertera nama Raja tersebut.

 

Berdasarkan hal itu pula maka dapat diketahui bahwa kerajaan Samudera Pasai didirikan sekitar tahun 1267 oleh Meurah Silu yang bergelar Sultan Malik As-Saleh. Kekuasaan Kesultanan Samudera Pasai berawal dari runtuhnya kerajaan Sriwijaya. Kesultanan Samudera Pasai berlokasi di pesisir pulau sumatera, tepatnya di lembah sungai yang merupakan pusat pemukiman penduduk yang cocok. Tanah yang subur memberikan hasil bahan makanan yang cukup. Hubungan pedalaman yang memungkinkan adanya sungai-sungai memberikan dinamika tersendiri dalam arti perdagangan dengan daerah pedalaman. Dalam keadaan yang demikian, Kerajaan Samudera Pasai yang berada pada muara sungai mempunyai potensi besar untuk berkembang sebagai bandar perdagangan.

Oleh karena itulah Kerajaan Samudera Pasai pun ikut tergabung dan mengambil andil dalam jaringan perdagangan antar bangsa dengan beberapa alasan, antara lain:

BACA:  Tuliskan Makna yang Terkandung dalam UUD 1945

Di masa pemerintahan Raja Sultan Malik As-Saleh, kerajaan Samudera Pasai telah menjalin hubungan dengan pihak luar dengan sangat baik. Dalam sebuah berita Cina dari Dinasti Yuan, dituliskan bahwa di tahun 1282 M, seorang utusan Cina bertemu dengan salah seorang menteri dari Sumatera di Qouilon dimana menteri tersebut diminta agar rajanya mengirimkan dutanya ke Cina. Akhirnya, diutuslah 2 orang utusan dari Samudera Pasai yang bernama Sulaeman dan Syams Ad-Din.

Raja paling terkenal dari Kerajaan Samudera Pasai

Di tahun 1297, Sultan Malik As-Saleh digantikan oleh putra pertamanya, yaitu Muhammad yang bergelar Sultan Muhammad Malikul Zahir (Sultan Malik Al Tahir). Di bawah pimpinan Sultan Muhammad Malikul Zahir, Samudera Pasai mengalami masa kejayaan. Masa kejayaan ini diperkuat dengan adanya bukti catatan Ibnu Batutah.

Isi catatan Ibnu Batuthah mengenai Raja Sultan Muhammad Malikul Zahir, antara lain:

BACA:  Apa yang Dimaksud dengan Sendi?

 Isi catatan Ibnu Batuthah lainnya, antara lain:

BACA:  Apa yang Dimaksud Garis-Garis Gaya Magnet?

*****

Dari uraian di atas maka dapat disimpulkan bahwa Raja yang paling terkenal dari Kerajaan Samudera Pasai adalah Sultan Muhammad Malikul Zahir dengan sejumlah hal yang dilakukannya yang membawa kerajaan Samudera Pasai mencapai masa kejayaannya.

Artikel ini dikunjungi dengan topik . Baca juga artikel menarik lainnya organisasi yang muncul setelah budi utomobagaimana ciri umum dari teks eksplanasibagaimana mewujudkan kehidupan Demokratis dalam keluarga dan masyarakatbagian orientasi novel laskar pelangiapa hubungan gerak antara awalan tolakan melayang dan mendarat dalam lompatabjauhdaftar nama nama raja kerajaa gowa tallo.