CONTOHTEKS
   

Bagian-bagian Sel Hewan dan Fungsinya

 

CONTOHTEKS.NET – Sel hewan adalah nama umum untuk sel eukariotik yang menyusun jaringan hewan. Sel hewan berbeda dari sel eukariotik lain, seperti sel tumbuhan, karena sel hewan tidak memiliki dinding sel, dan kloroplas, dan biasanya memiliki vakuola yang lebih kecil, bahkan tidak ada. Karena tidak memiliki dinding sel yang keras, sel hewan bervariasi bentuknya. Jadi, semua sel-sel hewan tidak memiliki bentuk yang sama, ukuran atau fungsi tetapi mekanisme selular utama adalah sama yang membantu dalam berfungsinya tubuh. Ada berbagai bagian yang membentuk sel hewan. Sel manusia adalah salah satu jenis dari sel hewan.

600px-Animal_cell_structure_id.svg

 

Gambar di atas adalah penampakan dari sel hewan. Berikut penjelasannya:

1) Membran Sel

Membran sel merupakan bagian paling luar dari sel yang membungkus semua organel sel lainnya. Membran sel mengontrol masuknya nutrisi dan mineral dalam dan keluar dari sel.

Fungsi Membran Sel:

2) Sitoplasma 

Sitoplasma merupakan matriks atau seperti gel zat/cairan yang hadir di dalam sel. Hal ini terutama terdiri dari air dan protein material. Sitoplasma adalah lokasi utama di mana semua proses kehidupan terjadi.

Fungsi Sitoplasma:

3) Retikulum Endoplasma

Retikulum endoplasma adalah bagian sel berbentuk benang-benang yang terdapat di inti sel. Retikulum endoplasma terbagi atas 2, yaitu:

  1. retikulum endoplasma halus (REh) : tidak melekat pada ribosom
  2. retikulum endoplasma kasar (REk) : melekat pada ribosom
BACA:  Nilai-Nilai Penting dalam Pra Aksara

Fungsi Retikulum Endoplasma:

4) Mitokondria

Mitokondria adalah organel terbesar yang merupakan mesin dalam sel. Mitokondria berbentuk mirip dengan cerutu yang memiliki 2 lapis membran yang berlekuk-lekuk dan dinamakan kritas.  Mitokondria dalam bentuk tunggalnya disebut dengan mitokondrion. Mitokondrion adalah organel yang mengubah dari energi kimia ke energi yang lain.

Fungsi Mitokondria:

5) Lisosom

Lisosom adalah organel berupa kantong terikat di membran yang berisi kandungan enzim hidrolitik yang digunakan dalam mengontrol pencernaan intraseluler di keadaan apapun. Lisosom terdapat pada sel eukariotik.

Fungsi Lisosom:

6. Peroksisom

Peroksisom adalah kantong kecil yang berisi dengan enzim katalase yang fungsinya menguraikan peroksida yang merupakan sisa dari metabolisme yang bersifat toksik menjadi air dan oksigen yang membahayakan sel. Peroksisom banyak ditemukan di sel hati dan ginjal.

BACA:  Apa Perbedaan Dari Eubacteria autotrof , Fotoautotrof, dan Kemoautotrof?

Fungsi Peroksisom:

7) Ribosom

Ribosom adalah organel sel yang padat dan kecil dengan diameter 20 nm yang terdiri atas 65% RNA ribosom (rRNA) dan 35% protein ribosom (Ribonukleoprotein/RNP). Ribosom bekerja dalam menerjemahkan mRNA untuk membentuk rantai polipeptida (protein) dengan menggunakan asam amino yang dibawah tRNA pada saat proses translasi. Di dalam sel ribosom terikat pada retikulum endoplasma kasar (REk) atau membran inti sel.

Fungsi Ribosom: tempat berlangsungnya sintesis protein

8) Sentriol

Sentriol adalah struktur berbentuk tabung yang dapat ditemukan pada sel eukariota. Sentriol juga mengambil peran dalam pembelahan sel dan dalam pembentukan silia dan flagela. Sepasang sentriol yang membentuk struktur gabungan disebut dengan sentrosom.

Fungsi Sentriol:

9) Badan Golgi

Badan golgi (aparatus golgi) adalah organel yang dikaitkan dengan fungsi ekskresi sel. Badan golgi dapat ditemukan di semua sel eukariotik dan terdapat pada fungsi ekskresi, seperti ginjal. Badan golgi berbentuk kantong pipih yang berukuran kecil hingga besar dan terikat oleh membran. Setiap sel hewan memiliki 10-20 badan golgi.

BACA:  Apa Manfaat Kentang?

Fungsi Badan Golgi:

10) Nukleus

Nukleus adalah inti dari sel yang mengatur dan mengendalikan aktivitas sel baik itu metabolisme hingga ke pembelahan sel. Nukleus ditemukan pada sel eukariotik dan mengandung sebagaian besar materi ginetik yang bentuknya DNA linear panjang yang membentuk kromosom bersama protein-protein. Nukleus terdiri dari bagian-bagian seperti:

Fungsi Nukleus:

Artikel ini dikunjungi dengan topik . Baca juga artikel menarik lainnya organisasi yang muncul setelah budi utomobagaimana ciri umum dari teks eksplanasibagaimana mewujudkan kehidupan Demokratis dalam keluarga dan masyarakatbagian orientasi novel laskar pelangiapa hubungan gerak antara awalan tolakan melayang dan mendarat dalam lompatabjauhdaftar nama nama raja kerajaa gowa tallo.