CONTOHTEKS
   

Pengertian Hukum dan Macam-macamnya

 

CONTOHTEKS.NET – Hukum adalah salah satu unsur yang membuat suatu negara memiliki kedaulatan, sebab fungsi hukum secara umum adalah untuk mengatur tingkah laku atau tindakan manusia dalam masyarakat.

 

Peraturan tersebut berisikan perintah dan larangan untuk melakukan sesuatu atau tidak melakukan sesuatu. Hal ini dimaksudkan untuk mengatur perilaku manusia agar tidak bersinggungan dan merugikan kepentingan umum.

Peraturan hukum ditetapkan oleh suatu lembaga  atau badan yang berwenang untuk itu, dimana peraturannya tidak dibuat oleh setiap orang melainkan oleh lembaga atau badan yang memang memiliki kewenangan untuk menetapkan suatu aturan yang bersifat mengikat bagi masyarakat luas.

Karena sifatnya yang memikat, sehingga penegakannya pun bersifat memaksa, dimana untuk menegakkannya, maka diatur pula mengenai aparat yang berwenang untuk mengawasi dan menegakkannya sekalipun mungkin disertai dengan tindakan jika memang keadaan mengharuskan seperti itu.

Oleh karena itu, hukum memiliki sanksi dan setiap pelanggaran atau perbuatan melawan hukum akan dikenakan sanksi yang tegas. Sanksi juga diatur dalam peraturan hukum.

BACA:  Sifat-sifat Persegi

Macam-macam Hukum

Hukum yang terdapat di dunia ini beragam macamnya, dan untuk lebih memudahkan maka berikut ini pembagiannya:

1) Hukum menurut bentuknya

BACA:  Negara Terkecil di Benua Eropa

2) Hukum menurut sifatnya

  1. Hukum yang mengatur, yaitu hukum yang dapat diabaikan bila pihak-pihak yang bersangkutan telah membuat peraturan sendiri.
  2. Hukum yang memaksa, yaitu hukum yang dalam keadaan apapun memiliki paksaan yang tegas.

3) Hukum menurut sumbernya

  1. Hukum Undang-undang, yaitu hukum yang tercantum dalam peraturan perundang-undangan.
  2. Hukum Kebiasaan (adat), yaitu hukum yang ada di dalam peraturan-peraturan adat.
  3. Hukum Jurisprudensi, yakni hukum yang terbentuk karena keputusan hakim di masa yang lampau dalam perkara yang sama.
  4. Hukum Traktat, yakni hukum yang terbentuk karena adanya perjanjian antara negara yang terlibat di dalamnya.

4) Hukum menurut tempat berlakunya

  1. Hukum Nasional adalah hukum yang berlaku dalam suatu negara.
  2. Hukum Internasional adalah hukum yang mengatur hubungan antar negara.
  3. Hukum Asing adalah hukum yang berlaku di negara asing.

5) Hukum menurut isinya

BACA:  Letak Kerajaan Demak

6) Hukum menurut cara mempertahankannya

  1. Hukum Materiil, yaitu hukum yang mengatur kepentingan-kepentingan dan hubungan-hubungan yang berwujud perintah dan larangan. Contoh Hukum Pidana, Hukum Perdata. Yang dimaksudkan adalah Hukum Pidana Materiil dan Hukum Perdata Materiil.
  2. Hukum Formil, yaitu hukum yang mengatur cara-cara mempertahankan dan melaksanakan hukum materiil. Contoh Hukum Acara Pidana dan Hukum Acara Perdata.

*****

Itulah uraian mengenai pengertian hukum dan macam-macamnya. Lalu bagaimanakah dengan sistem hukum di Indonesia?

Indonesia adalah negara yang menganut sistem hukum campuran dengan sistem hukum utama yaitu sistem hukum Eropa Kontinental.

Selain sistem hukum Eropa Kontinental, di Indonesia juga berlaku sistem hukum adat dan sistem hukum agama, khususnya hukum (syariah) Islam.

Artikel ini dikunjungi dengan topik . Baca juga artikel menarik lainnya penyakit yg bs disebbkn oleh bilu kucing pd anak dn balitaPanduan identifikasi identifikasi partisipasi keluarga dalam pengambilan keputusa dalam pelayanantuliskan pendapat kalian ttg solusi untuk mengatasi masalah kelangkaan batu bara tersebutperbedaan negara serikat dan perserikatan negaramasukan kritik dan saran untuk salutDiantara walisanga ada yang berdakwah menggunakan media gamelan kulit nama wali tersebut adalah.