CONTOHTEKS
 

Bagian-bagian Ginjal dan Fungsinya

 

CONTOHTEKS.NET – Ginjal merupakan salah satu organ tubuh yang penting bagi manusia karena ginjal berfungsi untuk menyaring darah dan merupakan salah satu bagian dari sistem ekskresi pada manusia. Ginjal terdiri dari sepasang organ saluran kemih yang terletak rongga belakang usus agak atas, serta berbentuk seperti kacang dengan sisi cekungnya menghadap ke arah sumbu tengah tubuh.

Oleh karena itu, setiap manusia normalnya memiliki sepasang ginjal di sisi kiri dan kanan tubuhnya. Letak ginjal kanan lebih rendah dibandingkan ginjal kiri. Jika seseorang hanya mempunyai satu ginjal maka ginjal lain akan bekerja lebih keras sehingga akan menyebabkannya menjadi lebih besar (hipertrofi).

ginjal 1

Bagian Utama dari Ginjal

Ginjal memiliki 3 bagian utama yang sangat penting, yaitu:

1) Korteks

Di dalam korteks terdapat jutaan nefron. Nefron adalah unit fungsional terkecil dari ginjal dan berjumlah sekitar 1 juta neuron. Setiap nefron terdiri dari Badan Malpighi dimana didalamnya terdapat Kapsul Bowman yang berbentuk seperti mangkuk yang membungkus glomerulus yang merupakan jalinan dari pembuluh kapiler.

BACA:  Ciri - Ciri Kebahasaan Teks Diskusi.

Glomerulus berfungsi sebagai tempat penyaringan darah yang menyaring air, garam, asam amino, glukosa dan juga urea. Setelah itu glomerulus akan menghasilkan urin primer yang akan dilanjutkan ke bagian selanjutnya. Dari kapsul Bowman keluar saluran panjang yang berbelit. Saluran panjang tersebut dibedakan atas 3 segmen, yaitu:

2) Medula

Medula terdiri atas beberapa badan berbentuk kerucut (piramida). Pada medula terdapat Lengkung Henle yang menghubungkan tubulus kontortus proksimal dan tubulus kontortus distal.

3) Pelvis Renalis

Pelvis renalis atau rongga ginjal yaitu bagian pada ureter yang melebar di bagian proksimal dan terletak di bagian dalam sinus renalis yang menjadi permukaan ureter. Pelvis sendiri adalah tempat penampungan urine dan selanjutnya akan mengalirkan urine ke ureter. Setelah itu urine dari rongga ginjal akan menuju ke kandung kemuh atau vesika urinaria yang dikirim dari ureter. Dan di dalam kandung kemih, urine disimpan untuk sementara waktu sebelum akhirnya urine dikeluarkan dari tubuh melalui uretra.

BACA:  Bagaimana Proses Terbentuknya Awan?

Bagian Lain dari Ginjal

BACA:  Jelaskan yang Dimaksud dengan Kata Pengantar

Fungsi Ginjal

  1. Membersihkan darah dari zat-zat hasil metabolisme
  2. Mengatur volume cairan tubuh
  3. Mengatur metabolisme kalsium dan vitamin D
  4. Mengatur pH darah agar tidak terlalu asam
  5. Menghasilkan eritropoetin, renin, kalsitriol atau vitamin D3. Eritropoetin adalah hormon yang akan merangsang peningkatan laju produksi sel darah merah di sumsum tulang. Renin berperan dalam mengatur tekanan darah. Kalsitriol atau vitamin D3 (bentuk aktif dari vitamin D) berfungsi mengatur tekanan darah dengan mengatur keseimbangan kadar kalsium dan hormon prostaglandin.

Artikel ini dikunjungi dengan topik . Baca juga artikel menarik lainnya .