CONTOHTEKS
 

Apa Arti Habitat?

 

CONTOHTEKS.NET – Habitat dan ekosistem adalah dua komponen yang berbeda dari ekologi, tapi keduanya akan ditemukan di satu tempat. Sebuah ekosistem berisi banyak habitat, dan yang menjelaskan hubungan antara dua komponen secara ringkas.
Dengan kata lain, habitat adalah rumah dalam desa ekosistem. Kedua entitas memiliki karakteristik yang berbeda dan tentunya penting untuk dipahami. Namun kali ini kita hanya akan membahas mengenai habitat.
Pengertian Habitat
Habitat adalah tempat suatu makhluk hidup tinggal dan berkembang biak. Pada dasarnya, habitat adalah lingkungan—paling tidak lingkungan fisiknya—di sekeliling populasi suatu spesies yang memengaruhi dan dimanfaatkan oleh spesies tersebut.
Habitat adalah lingkungan alam di mana suatu organisme hidup, atau lingkungan fisik yang mengelilingi populasi spesies. Suatu Habitat terdiri dari faktor fisik seperti tanah, kelembaban, kisaran suhu, dan ketersediaan cahaya serta faktor-faktor biotik seperti ketersediaan makanan dan adanya predator. Sebuah Habitat belum tentu daerah-untuk geografis organisme parasit itu adalah tubuh inangnya atau bahkan sel dalam tubuh inang.
Habitat monotipe terjadi dalam konteks botani dan zoologi, dan merupakan komponen biologi konservasi. Dalam restorasi ekologi komunitas tumbuhan asli atau habitat, beberapa spesies invasif membuat berdiri monotipe yang mengganti dan/atau mencegah spesies lain, terutama yang asli, dari tumbuh di sana.
Sebuah kolonisasi dominan dapat terjadi dari bahan kimia tahan memancarkan, monopoli nutrisi, atau dari kurangnya kontrol alami seperti herbivora atau iklim, yang menjaga mereka seimbang dengan habitat asli mereka. Meskipun namanya mungkin tampaknya menyiratkan kesederhanaan dibandingkan dengan habitat polytipe, habitat monotipe dapat menjadi kompleks.
Habitat dan Sumber Daya
Untuk sebagian besar sejarah manusia, alam telah dipandang sebagai sumber daya, yang dapat dikendalikan dan digunakan untuk kepentingan pribadi dan ekonomi. Idenya adalah bahwa tanaman hanya ada untuk memberi makan hewan dan hewan hanya ada untuk memberi makan manusia. Tanah itu sendiri memiliki nilai yang terbatas hanya meluas ke sumber daya yang dapat memberikan seperti mineral dan minyak.
Selama abad 18 dan 19, pandangan sosial mulai berubah dan prinsip-prinsip konservasi ilmiah pertama praktis diterapkan pada hutan dari British India. Ini etika konservasi yang mulai berkembang mencakup tiga prinsip utama: bahwa aktivitas manusia merusak lingkungan, bahwa ada tugas warga negara untuk menjaga lingkungan untuk generasi mendatang, dan bahwa, metode berbasis empiris ilmiah harus diterapkan untuk memastikan tugas ini dilakukan.
Sir James Martin Ranald menonjol dalam mempromosikan ideologi ini, penerbitan banyak laporan medis-topografi yang menunjukkan skala kerusakan tempa melalui deforestasi besar-besaran dan pengeringan, dan lobi-lobi luas untuk pelembagaan kegiatan konservasi hutan di British India melalui pembentukan departemen kehutanan.
Ini Majeli Dewan Pendapatan memulai upaya konservasi lokal pada tahun 1842, dipimpin oleh Alexander Gibson, seorang ahli botani profesional yang sistematis mengadopsi program konservasi hutan berdasarkan prinsip-prinsip ilmiah. Ini adalah kasus pertama pengelolaan konservasi hutan negara di dunia.
Gubernur Jenderal Lord Dalhousie memperkenalkan program konservasi hutan skala besar permanen dan pertama di dunia pada tahun 1855, sebuah model yang segera menyebar ke koloni lain, seperti baik Amerika Serikat, di mana Yellowstone National Park dibuka pada 1872 sebagai taman nasional pertama di dunia.
Daripada berfokus pada manfaat ekonomi atau yang berhubungan dengan alam, manusia mulai menghargai nilai alam itu sendiri dan kebutuhan untuk melindungi padang gurun murni. Pada pertengahan abad ke-20 negara-negara seperti Amerika Serikat, Kanada, dan Inggris memahami apresiasi ini dan menghasut hukum dan undang-undang untuk memastikan bahwa lingkungan yang paling rapuh dan indah akan dilindungi untuk generasi mendatang.
Hari ini dengan bantuan dari LSM, tidak-untuk organisasi nirlaba dan pemerintah di seluruh dunia ada gerakan yang terjadi lebih kuat, dengan pemahaman yang lebih dalam konservasi habitat dengan tujuan melindungi habitat halus dan melestarikan keanekaragaman hayati pada skala global. Komitmen dan tindakan dari asosiasi sukarela kecil di desa-desa dan kota-kota, yang berusaha untuk meniru kerja yang dilakukan oleh terkenal Konservasi Organisasi, sangat penting dalam memastikan generasi yang mengikuti memahami pentingnya melestarikan sumber daya alam.

BACA:  Apa yang Dimaksud Dengan Selulosa?

Artikel ini dikunjungi dengan topik . Baca juga artikel menarik lainnya .