CONTOHTEKS
 

Puisi dan Cara Menganalisanya

 

CONTOHTEKS.NET – Puisi yang diambil dari bahasa Yunani Kuno yaitu ‘poiéo/poió’ yang artinya ‘menciptakan’ (I create) adalah suatu bentuk seni tertulis yang menggunakan bahasa sebagai kualitas estetiknya, atau selain dari arti semantiknya. Penekanan dari sisi estetik suatu bahasa ini dilakukan dengan pengulangan bahasa secara sengaja serta adanya rima. Beberapa ahli modern memiliki pendekatan dengan mendefinisikan puisi tidak sebagai jenis literatur tapi sebagai perwujudan imajinasi manusia yang menjadi sumber segala kreativitas. Selain itu puisi juga merupakan curahan isi hati seseorang yang membawa orang lain ke dalam keadaan hatinya.

Baris-baris pada puisi dapat berbentuk apa saja. Hal tersebut merupakan salah satu cara penulis untuk menunjukkan pemikirannnya. Puisi kadang-kadang juga hanya berisi satu kata/suku kata yang terus diulang-ulang. Bagi pembaca hal tersebut mungkin membuat puisi tersebut menjadi tidak di mengerti. Tapi penulis selalu memiliki alasan untuk segala ‘keanehan’ yang diciptakannya. Tak ada yang membatasi keinginan penulis dalam menciptakan sebuah puisi. Di dalam puisi juga biasa disisipkan majas yang membuat puisi itu semakin indah. Majas tersebut juga beragam, salah satunya adalah sarkasme yaitu sindiran langsung dengan kasar.

Cara Menganalisa Puisi

Terkadang kita dihadapkan pada tugas untuk menganalisa suatu puisi. Mungkin kedengarannya sulit, namun jika kita memahami caranya, hal itu tidak akan lagi menjadi sesuatu yang menyulitkan. Berikut ini cara menganalisa puisi:

  1. Menentukan Makna Puisi
  1. Memikirkan Perangkat Puisi yang Digunakan
BACA:  Teknik-teknik dalam Geografi

Artikel ini dikunjungi dengan topik . Baca juga artikel menarik lainnya .