CONTOHTEKS
 

Peristiwa yang Terjadi Akibat Rotasi dan Revolusi Bumi

 

CONTOHTEKS.NET – Bumi merupakan planet ke-3 dalam sistem tata surya bila dihitung dari matahari. Bumi juga merupakan planet terpadat dan terbesar ke-5 dari 8 planet dalam sistem tata surya. Selain itu, bumi juga merupakan planet terbesar dari 4 planet kebumian tata surya. Bumi terkadang disebut dengan dunia atau Planet Biru.

Rotasi Bumi

Bumi berputar pada sumbunya dari barat ke timur, atau jika dilihat dari utara, maka gerakannya melawan arah jarum jam. Gerakan berputar bumi pada sumbunya inilah yang dinamakan sebagai Rotasi BumiMasa rotasi bumi pada sumbunya dalam hubungannya dengan bintang adalah 23 jam, 56 menit, dan 4.091 detik. Masa rotasi bumi pada sumbunya dalam hubungannya dengan matahari adalah 24 jam. Namun perputaran ini perlahan terus melambat karena pengaruh gravitasi bulan. Hal ini bisa dilihat dari melambatnya satu hari pada masa kini yaitu sekitar 1.7 milidetik dibanding seabad yang lalu.

Peristiwa Akibat Adanya Rotasi Bumi

  1. Terjadinya siang dan malam. Bagian bumi yang menghadap kearah matahari ketika berputar pada porosnya akan mengalami siang, sebaliknya bagian bumi yang membelakangi matahari akan mengalami malam, dan hal ini terjadi secara bergantian yaitu panjang waktu siang dan malam rata-rata 12 jam. Perbedaan waktu siang dan malam akan menjadi lebih besar pada tempat-tempat yang jauh dari khatulistiwa.
  2. Terjadinya perbedaan waktu di berbagai tempat di muka bumi. Orang-orang yang berada disebelah timur akan mengalami matahari terbit dan terbenam lebih dahulu. Hal ini dikarenakan bumi berputar dari arah barat ke timur. Daerah yang berada pada sudut 15° lebih ke timur akan melihat matahari terbit lebih dahulu selama 1 jam, maka jika di Nusa Tenggara Barat matahari telah terbit, maka di Jakarta baru melihat matahari terbit satu jam setelahnya. Atau jika di Nusa Tenggara Barat pukul 06.00 WITA, maka di Jakarta baru pukul 05.00 WIB.
  3. Gerak semu harian bintang. Akibat rotasi bumi maka kita yang ada di bumi melihat seolah olah mataharilah yang bergerak berputar dari timur kebarat mengelilingi bumi. Padahal yang terjadi sebenarnya adalah matahari tidak bergerak, tetapi bumilah bergerak berputar mengelilingi matahari dari barat ke timur. Gerak yang tidak sebenarnya ini dinamakan gerak semu harian bintang. Disebut gerak semu harian karena kita dapat mengamatinya setiap hari atau setiap saat.
BACA:  Jelaskan Dampak Negatif dari Perkembangan Ilmu Biologi!

Revolusi Bumi

Revolusi bumi adalah peristiwa bumi berputar mengelilingi matahari. Revolusi bumi merupakan akibat tarik menarik antara gaya gravitasi matahari dengan gaya gravitasi bumi. Waktu yang diperlukan untuk berevolusi adalah 365 ¼ hari (1 tahun). Kemiringan bumi pada saat mengitari matahari adalah 23,5° dari garis tegak lurus. Sepanjang bumi berevolusi, rotasi bumi tidak selalu tegak lurus terhadap bidang ekliptika melainkan berosilasi dengan kemiringan yang membentuk sudut hingga 23,5° terhadap matahari. Sudut ini diukur dari garis imajiner yang membelah kutub utara dan kutub selatan yang disebut dengan garis khatulistiwa.

Peristiwa Akibat Adanya Revolusi Bumi

BACA:  Cara Kerja Kertas Lakmus

Artikel ini dikunjungi dengan topik . Baca juga artikel menarik lainnya .