CONTOHTEKS
 

Limbah Dikelompokan Menjadi 3 Bagian

 

Pengertian limbah menurut WHO yaitu sesuatu yang tidak berguna, tidak dipakai, tidak disenangi atau sesuatu yang dibuang yang berasal dari kegiatan manusia dan tidak terjadi dengan sendirinya.

Sedangkan menurut (Ign Suharto, 2011 :226) Limbah adalah zat atau bahan buangan yang dihasilkan dari proses kegiatan manusia.  Limbah dapat berupa tumpukan barang bekas, sisa kotoran hewan, tanaman, atau sayuran. Keseimbangan lingkungan menjadi terganggu jika jumlah hasil buangan tersebut melebihi ambang batas toleransi lingkungan. Apabila konsentrasi dan kuantitas melibihi ambang batas, keberadaan limbah dapat berdampak negatif terhadap lingkungan terutama bagi kesehatan manusia sehingga perlu dilakukan penanganan terhadap limbah.

 Karakteristik Limbah:

*  Berukuran mikro, maksudnya ukurannya terdiri atas partikel-partikel kecil yang dapat kita lihat.

* Penyebarannya berdampak banyak, maksudnya bukan hanya berdampak pada lingkungan yang terkena limbah saja melainkan berdampak pada sector-sektor kehidupan lainnya, seperti sektor ekonomi, sektor kesehatan dll.

* Berdampak jangka panjang (antargenerasi), maksudnya masalah limbah tidak dapat diselesaikan dalam waktu singkat. Sehingga dampaknya akan ada pada generasi yang akan datang.

BACA:  Sejarah Lahirnya Agama Hindu

Limbah sendiri dikelompokkan menjadi tiga macam. Yaitu:

–  Berdasarkan sumbernya.

Pada poin ini akan lebih difokuskan kepada darimana limbah tersebut dihasilkan. Berdasarkan sumbernya limbah bisa berasal. Berikut ini dijelaskan beberapa sumber utama penghasil limbah secara umum.

  1. Limbah industri; limbah yang dihasilkan oleh pembuangan kegiatan industri
  2. Limbah Pertanian; limbah yang ditimbulkan karena kegiatan pertanian
  3. Limbah pertambangan; adalah limbah yang asalnya dari kegiatan pertambangan
  4. Limbah domestik; Yakni limbah yang berasal dari rumah tangga, pasar, restoran dan pemukiman-pemukiman penduduk yang lain.

– Berdasarkan senyawa.

  1. Limbah senyawa kembali dibagi menjadi 2 jenis. yaitu:

Limbah Organik, merupakan limbah yang bisa dengan mudah diuraikan (mudah membusuk), limbah organik mengandung unsur karbon. Contoh limbah organik dapat anda temui dalam kehidupan sehari-hari, contohnya kotoran manusia dan hewan.

  1. Limbah anorganik, adalah jenis limbah yang sangat sulit atau bahkan tidak bisa untuk di uraikan (tidak bisa membusuk), limbah anorganik tidak mengandung unsur karbon. Contoh limbah anorganik adalah Plastik dan baja.
BACA:  Bagaimana Cara Penularan Virus Polio?

– Berdasarkan Wujudnya.

Pengklasifikasian limbah yang berdasarkan wujud memang  cenderung dilihat dari fisik dari limbah itu sendiri. Misalnya limbah yang berbentuk cairan, disebut dengan limbah cair.

  1. Limbah Gas, merupakan jenis limbah yang berbentuk gas, contoh limbah dalam bentuk Gas antara lain: Karbon Dioksida (CO2), Karbon Monoksida (CO), SO2,HCL,NO2. dan lain-lain.
  1. Limbah cair, adalah jenis limbah yang memiliki fisik berupa zat cair misalnya: Air Hujan, Rembesan AC, Air cucian, air sabun, minyak goreng buangan, dan lain-lain.
  1. Limbah padat merupakan jenis limbah yang berupa padat, contohnya: Bungkus jajanan, plastik, ban bekas, dan lain-lain.

Selain 3 (tiga) jenis limbah yang telah dijelaskan di atas tersebut. Ada juga jenis limbah lain. yakni Limbah B3 atau limbah Bahan Berbahaya dan Beracun dan Limbah Suara.

BACA:  Apa yang Dimaksud dengan Topik Karangan?

Limbah B3 sendiri merupakan jenis limbah yang sangat berbahaya, suatu limbah dapat dikatakan sebagai limbah B3 jika mengandung bahan yang berbahaya serta beracun karena sifat dan konsentrasinya bisa mencemari lingkungan dan membahayakan kehidupan manusia dan lingkungan. Limbah B3 sendiri masih memiliki beberapa karateristik lagi yakni; Beracun, mudah meledak mudah terbakar, bersifat korosif, bersifat reaktif, dapat menyebabkan infeksi dan masih banyak lagi.

Limbah suara yaitu limbah yang berupa gelombang bunyi yang merambat di udara. Limbah suara dapat dihasilkan dari mesin kendaraan, mesin-mesin pabrik, peralatan elektronikdan sumber-sumber yang lainnya.

Limbah telah menjadi persoalan penting di negeri ini, untuk menciptakan negeri yang bersih dan sehat tentunya harus kita mulai dengan cara hidup bersih dan sehat pula. Untuk itu mulailah dalam kehidupan sehari-hari misalnya saja membersihkan halaman rumah, selokan didepan rumah dan juga sadarkan diri akan pentingnya membuang sampah pada tempatnya.

Artikel ini dikunjungi dengan topik . Baca juga artikel menarik lainnya .