CONTOHTEKS
 

Apa yang Dimaksud dengan Benua?

 

CONTOHTEKS.NET – Pada awalnya bumi terbentuk dari keseluruhan benua yang merupakan satu daratan yang amat luas dan belum terbagi-bagi oleh pergeseran kerak bumi. Daratan tersebut disebut Pangea. Daratan yang terbentuk di masa Mesozoic itupun terbagi atas 2 bagian besar, yaitu Gondwana yang terletak di belahan bumu bagian selatan, dan Laurasia yang terletak di belahan bumi bagian utara. Jadi, daratan yang sangat luas yang berada di permukaan bumi itulah yang disebut sebagai benua.

Proses Terbentuknya Benua

 

Benua memiliki hubungan yang erat dengan samudera, dimana proses terbentuknya melalui proses yang sangat panjang. Konon, dahulu bentuk benua dan samudera tidak seperti sekarang ini. Setelah melalui proses yang sangat panjang maka terbentuklah benua seperti pada saat ini. Lalu bagaimanakah benua dan samudera bisa terbentuk?

Berdasarkan catatan sejarah, ada seorang ilmuwan asal Jerman yang bernama Alfred Wagener yang mengemukakan teori tentang pembentukan benua. Menurutnya, sebelum zaman Carbon, yaitu sekitar 300 juta tahun yang lalu, semua benua yang ada sekarang ini tergabung menjadi satu yang disebut benua Pangea.

Benua Pangea kemudian terpecah menjadi 2 benua, yaitu benua Laurasia, di belahan bumi bagian utara dan benua Gondwana, di belahan bumi bagian selatan. Proses pecahnya benua Pangea ini terjadi sekitar 135 juta tahun lalu. Selanjutnya, benua Laurasia bagian barat bergerak ke utara menjauhi benua Gondwana yang akhirnya membentuk benua Amerika Utara. Sedangkan benua Gondwana di selatan terpecah menjadi beberapa benua, yaitu:

BACA:  Unit-unit yang Dipelajari dalam Ekonomi Makro

Pada perkembangan selanjutnya, Amerika Utara bergabung menjadi satu dengan Amerika Selatan, dan Eurasia menjadi benua Eropa dan benua Asia. Bagian paling selatan yang bergerak ke selatan menjadi benua Antartika dan bagian selatan yang bergerak ke timur laut menjadi benua Australia.

Fakta Pendukung Teori Pergeseran Benua oleh Wagener

BACA:  Prinsip-prinsip Memainkan Musik Ansambel

7 Benua di Dunia

Setelah melalui proses yang sangat panjang, akhirnya sampai saat ini telah terbentuk 7 benua di dunia. Dari Ke-7 benua tersebut, yang menjadi benua terbesar di dunia adalah benua Asia yang memiliki luas daratan sekitar 44,579,000 km2 atau sekitar 29.5% dari total luas daratan di bumi ini. Sedangkan benua yang terkecil di dunia adalah benua Australia yang hanya memiliki luas daratan sekitar 9.008.500 km2 atau sekitar 5.9% dari total luas daratan bumi ini. Adapun ke-7 benua tersebut, yaitu:

1) Benua Afrika

2) Benua Amerika

3) Antarktika

4) Arktik

BACA:  Fungsi Benang Sari?

5) Asia

6) Eropa

7) Oceania