CONTOHTEKS
 

Negara yang Dijuluki Sebagai Negeri Kanguru

 

CONTOHTEKS.NET – Kanguru, sebuah nama hewan berkaki 4 dengan ciri khas kantung yang terdapat di bagian perutnya sehingga kanguru juga termasuk salah satu jenis dari hewan marsupialia. Hewan jenis ini merupakan mamalia yang berkembang terpisah awal dari kelompok lainnya atau dikenal dengan istilah Eutheria.

Pada hewan marsupialia betina, biasanya memiliki 2 vagina yang keduanya terbuka secara eksternal melalui satu lubang tetapi mengarah ke ruang terpisah pada uterus. Sementara pada hewan marsupialia jantan, biasanya memiliki penis bercabang 2. Penis hanya mengeluarkan semen dan bukan urin. Urin dikeluarkan melalui kloaka, seperti reptilia dan unggas.

Selain kanguru, koala juga termasuk salah satu jenis hewan marsupialia dimana keduanya merupakan hewan khas dari negara Australia. Jadi, hanya di Australia kita bisa menemukan kanguru.

Sekilas Tentang Australia

Kira-kira 40.000 tahun sebelum pendudukan bangsa Eropa pada akhir abad ke-18, Australia yang merupakan benua terkecil di dunia telah dihuni oleh suku Aborigin. Sebagian besar dari 22 juta penduduk asli Australia saat ini adalah keturunan dari pemukim dari zaman kolonial dan imigran pasca federasi dari Eropa, dengan hampir 90% populasi adalah keturunan Eropa. Beberapa generasi tersebut, sebagian besar merupakan imigran yang berasal dari Kepulauan Britania, dan orang Australia utamanya adalah keturunan Inggris atau Irlandia. Meskipun Australia tidak memiliki bahasa resmi, bahasa Inggris begitu membudaya, dan telah menjadi bahasa nasional yang diakui secara de facto.

BACA:  Pengertian Bumi

Cerita Unik Dibalik Nama Kanguru

Mungkin banyak diantara kalian yang bertanya-tanya mengapa hewan berkantung ini dinamakan ‘kanguru’? Ternyata ada cerita uniknya juga lho. Alkisah pada suatu hari ada sekelompok pelaut yang berasal dari Amerika dan Inggris yang mendaratkan kapalnya di Australia. Pelaut itu lalu melihat seekor hewan yang sangat unik dengan kantung perutnya. Pelaut itu lalu bertanya kepada salah satu warga suku Aborigin yang merupakan suku asli di Australia dalam bahasa Inggris, “hewan apa itu?” Lalu dijawab oleh suku Aborigin tersebut dengan kata, “Kang-Ga-Roo.” Nah, pelaut itu pun menganggap bahwa “Kanggaroo” adalah nama dari hewan unik berkantung itu, padahal sebenarnya jika diartikan, jawaban suku Aborigin itu adalah “saya tidak mengerti“. Tetapi karena nama itu sudah terlanjur menyebar, akhirnya hewan unik berkantung itu pun dinamakan Kangaroo atau dalam bahasa Indonesia  adalah Kanguru.

Ciri Khas Kanguru

BACA:  Jelaskan Peranan Bakteri di Bidang Kedokteran

3 Spesies Kanguru

  1. Kanguru Merah
    • Merupakan hewan marsupial terbesar yang masih hidup.
    • Apabila berdiri tingginya dapat mencapai lebih dari 2 meter dan bobotnya mencapai 90 kg.
    • Kanguru jenis ini biasanya bergerak dalam kelompok besar.
    • Mereka tidur di kala siang yang hawanya paling panas.
    • Apabila tidak ada air, mereka akan mencari kelembaban dari tumbuhan hijau.
    • Mereka juga hanya akan berkembangbiak apabila ada hujan dan tumbuh tanaman baru.
  2. Kanguru Abu-abu Timur : dapat ditemukan di daerah subur Australia bagian timur.
  3. Kanguru Abu-abu Barat
    • Dapat ditemukan di Australia bagian barat, Australia bagian selatan yang dekat dengan pantai, dan basin Sungai Darling.
    • Kanguru Abu-abu sangat banyak jumlahnya.
    • Mereka hidup di hutan-hutan eukaliptus yang terbuka dan di daerah berumput.
    • Mereka memakan rumput.
BACA:  Akibat dari Kandungan Leukosit yang Tinggi dalam Sirkulasi Darah

Selain ke-3 spesies di atas, dikenal pula hewan makropod yang lebih kecil tetapi masih berhubungan dengan kanguru, antara lain:

Artikel ini dikunjungi dengan topik . Baca juga artikel menarik lainnya .