CONTOHTEKS
 

Fungsi Organ Hati

 

CONTOHTEKS.NET – Hati adalah bagian dari sistem pencernaan, tapi itu tidak lebih dari sekedar proses asupan makanan. Hati bertanggung jawab untuk memproduksi zat yang akan memecah lemak dan lipid, membuat makanan lebih mudah dicerna. Hati juga menghasilkan beberapa asam amino, yang penting untuk produksi protein, tanpa hati tubuh tidak bisa berfungsi.
Hati memproduksi banyak kolesterol dalam tubuh, apakah sehat atau tidak sehat. Selain dari kemampuan produksi, hati juga bertindak sebagai filter. Ketika zat berbahaya diambil ke dalam tubuh, hati adalah organ yang bertanggung jawab untuk penyaringan. Misalnya, hati menyaring alkohol dari darah.
Secara sederhana, fungsi utama hati adalah untuk menjaga keseimbangan dalam tubuh. Hati menetralkan racun yang berbahaya, menciptakan zat yang diperlukan dan membuang produk limbah. Selain memproduksi empedu, terdapat beberapa fungsi hati lainnya.
Fungsi Organ Hati Pada Manusia
Hati adalah kelenjar yang memiliki banyak fungsi khususnya dalam sistem pencernaan dan sistem ekskresi pada manusia. Karena itulah, organ hati atau yang juga disebut liver ini memiliki banyak fungsi yang amat vital bagi manusia. Amat vital karena tanpa hati, manusia tidak akan dapat bertahan hidup. Hati mendukung hampir setiap organ dalam tubuh dari beberapa segi.
Adapun fungsi organ hati diantaranya ialah:
– Menawarkan dan menetralkan racun (detoksifikasi). Hati dapat menghilangkan racun di dalam darah dengan cara membersihkannya dari zat berbahaya seperti alkohol dan obat-obatan.
– Membuat protein plasma.
– Membantu membuang zat bilirubin. Bilirubin adalah zat yang tidak baik untuk tubuh sehingga harus dibuang melalui sistem ekskresi.
– Menyimpan glikogen (gula otot) yang merupakan hasil pengubahan dari glukosa karena hormon insulin.
– Mengubah zat makanan yang diabsorbsi dari usus dan yang disimpan di suatu tempat di dalam tubuh. Zat makanan diubah sesuai kegunaannya.
– Mengatur sirkulasi hormon.
– Mempertahankan suhu tubuh dengan menaikan suhu darah yang mengalir melalui hati.
– Memakan antigen dan mikroorganisme.
– Mengatur komposisi darah yang mengandung lemak, gula, protein, dan zat lain.
– Menyimpan hermatin yang diperlukan untuk penyempurnaan sel darah merah yang baru.
– Membantu empedu untuk menghasilkan cairan empedu yang berasal dari sel darah merah yang telah dirombak di dalam hati. Cairan empedu berfungsi untuk mengemulsikan lemak dalam makanan. Kantong empedu dapat menghasilkan 1/2 liter empedu setiap harinya. Empedu berwarna kehijauan dan terasa pahit.
– Membentuk sel darah merah saat masih di dalam janin.
– Membentuk urea yang merupakan hasil dari perombakan asam amino. Urea dikeluarkan melalui ginjal dalam bentuk urin.
– Menyimpan vitamin larut lemak (A, D, E, K), vitamin B12, dan mineral.
– Menghasilkan protrombin dan fibrinogen yang berfungsi untuk mencegah penggumpalan darah.
Hati adalah salah satu organ paling penting dalam tubuh manusia. Meskipun fungsi utama hati dalam tubuh manusia adalah untuk menyaring darah dan detoksifikasi, ia memiliki peran lain juga. Hati juga memproduksi hormon penting dan protein, menghasilkan empedu untuk sistem pencernaan dan menyimpan nutrisi tertentu.
Fisiologi manusia memungkinkan zat yang berbahaya untuk diserap dalam berbagai metode. Setelah racun masuk ke dalam darah, itu adalah tugas hati untuk menghilangkannya. Mungkin memodifikasi zat ke dalam bentuk yang lebih aman atau yang lebih mudah dikeluarkan dari tubuh. Proses perubahan, atau metabolisme, memungkinkan tubuh untuk memanfaatkan obat-obatan dan pengobatan, tetapi juga menempatkan hati pada risiko jika terjadi overdosis tertentu.
Gangguan Pada Organ Hati
Beberapa orang dilahirkan dengan kondisi bawaan yang mempengaruhi fungsi hati. Mereka mungkin tidak dapat memetabolisme beberapa senyawa karena hati mereka menghasilkan senyawa rusak. Gangguan tersebut dapat menyebabkan penumpukan racun dalam tubuh, kadang-kadang disebabkan oleh molekul pembawa cacat yang keliru membawa racun ke sel bukannya membiarkan hati untuk mengeluarkan mereka. Perawatan dapat mencakup obat-obatan dan pengaturan pola makan untuk mengontrol apa yang masuk ke dalam hati dan bagaimana hal itu diproses.
Gangguan yang diperoleh juga dapat melibatkan parenkim hati. Ini termasuk hepatitis, kanker hati, dan sirosis, biasanya disebabkan oleh konsumsi alkohol yang berlebihan. Mereka dapat menyebabkan kerusakan progresif sel-sel hati. Organ ini mampu me-regenerasi untuk memperbaiki cedera parsial, tapi ini membutuhkan waktu. Jika pasien tidak menerima pengobatan atau tidak cukup komprehensif, hati mungkin tidak dapat sembuh karena laju kerusakan melampaui pertumbuhan sel-sel baru.
Pencitraan medis dapat menunjukkan parenkim hati. Dokter dapat meminta evaluasi untuk massa atau tanda-tanda penyakit hati seperti timbunan lemak dalam bidang fungsional hati. Pencitraan juga dapat membantu prosedur panduan seperti biopsi, di mana seorang profesional medis ingin dapat melihat saat memandu jarum ke parenkim hati atau daerah sekitarnya.

BACA:  Negara-negara di Kawasan Indocina

Artikel ini dikunjungi dengan topik . Baca juga artikel menarik lainnya .