CONTOHTEKS
   

Fungsi Kulit Secara Umum

 

CONTOHTEKS.NET – Kulit adalah organ terluar dari tubuh yang melapisi seluruh tubuh manusia. Berat kulit diperkirakan sekitar 7% dari berat tubuh total. Pada permukaan luar kulit terdapat pori-pori atau rongga yang menjadi tempat keluarnya keringat. Kulit manusia terdiri atas 3 lapisan, yaitu epidermis, dermis, dan hipodermis.

Lapisan-lapisan Kulit

 

1) Epidermis.
Epidermis tersusun atas 2 lapisan, yaitu:

  1. Lapisan korneum (lapisan tanduk) merupakan lapisan kulit mati yang dapat mengelupas dan digantikan oleh sel-sel baru.
  2. Lapisan Malpighi merupakan lapisan yang mengandung pigmen melanin yang memberi warna pada kulit. Lapisan Malpighi juga berfungsi sebagai pelindung dari bahaya sinar matahari terutama sinar ultraviolet. Lapisan malphigi terdiri atas 2 lapisan, yaitu:
    • Lapisan spinosum yang berfungsi untuk menahan gesekan dari luar.
    • Lapisan germinativum yang mengandung sel-sel yang aktif membelah diri, menggantikan lapisan sel-sel pada lapisan korneum.

2) Dermis

Lapisan Dermis (Kulit jangat) adalah lapisan kulit yang terdiri atas pembuluh darah, kelenjar minyak, kantung rambut, ujung-ujung saraf indra, dan kelenjar keringat. Pembuluh darah pada lapisan ini sangat luas sehingga mampu menampung sekitar 5% dari jumlah darah di seluruh tubuh. Adapun bagian-bagian dari lapisan dermis, antara lain:

BACA:  Kriteria Padi Siap Panen

Lapisan dermis memiliki fungsi sebagai alat ekskresi yaitu sebagai organ penerima rangsangan, pelindung terhadap kerusakan fisik, penyinaran, dan bibit penyakit, serta untuk pengaturan suhu tubuh.

3) Hipodermis

Lapisan hipodermis atau jaringan ikat bawah kulit merupakan jaringan ikat yang terletak di bawah lapisan dermis, namun batas pemisah antara bagian hipodermis dengan bagian dermis ini tidak begitu jelas. Lapisan ini merupakan tempat penyimpanan lemak dalam tubuh. Lemak tersebut berfungsi untuk melindungi dari benturan benda keras, sebagai penjaga suhu tubuh karena lemak dapat menyimpan panas, dan sebagai sumber energi cadangan.

Fungsi Kulit Secara Umum

Secara umum, kulit memiliki banyak fungsi yang berguna dalam menjaga homeostasis tubuh. Fungsi-fungsi tersebut dapat dibedakan menjadi 3, yaitu:

BACA:  Keluarga Berencana (KB) sebagai Program Pengendalian Jumlah Penduduk

1) Fungsi proteksi

Kulit memiliki lapisan kulit yang berfungsi sebagai proteksi atau pelindung tubuh dari tiap bagian lapisan kulit terdalam sampai luar, seperti:

BACA:  Contoh Cerita Jenaka Pendek

2) Fungsi Absorbsi

Kulit tidak bisa menyerap air, tapi bisa menyerap material larut lipid seperti vitamin A, D, E, dan K, obat-obatan tertentu, oksigen dan karbon dioksida. Permeabilitas kulit terhadap oksigen, karbondioksida dan uap air memungkinkan kulit ikut mengambil bagian pada fungsi absorpsi.

3) Fungsi Ekskresi

Kulit juga berfungsi sebagai tempat pembuangan suatu cairan yang keluar dari dalam tubuh beruoa keringat dengan perantara 2 kelenjar keringat yang dimiliki, yaitu:

Artikel ini dikunjungi dengan topik . Baca juga artikel menarik lainnya apa pengertian dari globalisasiHadis tentang menutup aurat riwayat abu daud (4017)dan lainya dengan sanad yang hasanBunyi Hadits tentang menutup aurat dari( HR-ABU DAWUD DAN SANAD YANG HASAN Pakai bahasa latinkitab suci agama hindumahal mana besi atau alumunium untuk penghantar magnetBeruang madu.