CONTOHTEKS
 

Apa Saja yang Ada di Akar Rambut?

 

CONTOHTEKS.NET – Rambut atau sering juga disebut bulu adalah organ seperti benang yang tumbuh di kulit hewan dan manusia, terutama mamalia. Rambut biasanya muncul dari epidermis (kulit luar), walaupun berasal dari folikel rambut yang berada jauh di bawah dermis.

Rambut pada manusia memiliki komponen yang terdiri dari:

 

Sedangkan untuk komposisi kimiawi batang rambut terdiri dari:

Semua unsur tersebut terdapat dalam zat tanduk (keratin). Keratin adalah suatu protein yang terdiri dari gabungan beberapa gugus-gugus peptida, yang merupakan gabungan kompleks-kompleks asam amino, dimana dari hasil penggabungan inilah yang membentuk molekul protein yang menyerupai ulir.

Anatomi Rambut Manusia

1) Ujung Rambut

Ujung rambut berbentuk runcing dan terdapat pada  rambut yang baru tumbuh dan belum pernah dipotong.

2) Batang Rambut

Batang rambut  merupakan bagian rambut yang berada di luar kulit, berupa benang-benang halus terdiri dari keratin / sel-sel tanduk. Batang rambut tersusun atas 3 bagian, yaitu:

BACA:  Penanaman Kembali Hutan Yang Telah Gundul Disebut?

3) Akar Rambut

Akar rambut merupakan bagian rambut yang berada di dalam kulit dan tertahan di dalam folikel atau kantong rambut. Akar rambut terdiri dari:

  1. Folikel (kantong rambut) adalah sutau saluran yang menyerupai kantong dan melindungi tunas rambut serta tertanam di dalam dermis (lapisan dalam kulit).
  2. Umbi rambut adalah bagian bawah folikel (kantong rambut) yang punya mulut seperti corong memanjang keatas dari lapisan dermis dan berakhir pada lapisan epidermis. Gunanya  untuk menghisap atau menyerap udara serta penimbunan kotoran dan sebum.
  3. Papil rambut adalah tempat membuat sel-sel tunas rambut dan tempat membuat sel-sel pigmen melanin (zat warna pada rambut).
  4. Pembuluh darah adalah saluran yang berfungsi untuk merembeskan cairan yang berisi zat makanan untuk keperluan sel-sel lapisan epidermis.
  5. Kelenjar minyak adalah suatu saluran yang berguna untuk memberikan kelembutan rambut.
  6. Kelenjar keringat adalah saluran tempat bermuaranya sel-sel keringat.
  7. Zat warna rambut (melamin) adalah tempat untuk membuat warna pada rambut.
BACA:  Latar Belakang Perjanjian Tordesillas