CONTOHTEKS
   

Bagaimana Penyerbukan pada Anggrek?

 

CONTOHTEKS.NET – Tanaman atau bunga anggrek atau dalam bahasa Inggris dikenal sebagai orchid (orchidaceae) merupakan suatu suku tumbuhan berbunga dengan anggota jenis terbanyak. Jenis-jenisnya tersebar luas dari daerah tropika basah hingga wilayah sirkumpolar, meskipun sebagian besar anggotanya ditemukan di daerah tropika. Kebanyakan anggota dari suku anggrek hidup sebagai epifit, terutama yang berasal dari daerah tropika. Anggrek di daerah beriklim sedang biasanya hidup di tanah dan membentuk umbi sebagai cara beradaptasi terhadap musim dingin. Anggrek juga terkenal dengan organ-organ penyusun bunganya yang cenderung tebal dan berdaging (sukulen) sehingga hal tersebut membuat anggrek tahan dalam menghadapi tekanan akan ketersediaan air. Oleh karena itulah anggrek epifit dapat hidup dari embun dan udara lembap.

Ciri-ciri Umum Anggrek

BACA:  Prinsip Pemerintahan Demokrasi

Bagaimana Penyerbukan pada Anggrek?

 

unduhan

  1. Bunga yang akan diserbukkan dipilih yang telah mekar pada hari ke-4, dalam keadaan sehat dan segar.
  2. Penutup kepala sari dibuka menggunakan pinset, lidi, atau tusuk gigi yang bersih.
  3. Untuk jenis anggrek yang tidak memiliki perekat pada pollen-nya lebih baik membawa wadah untuk menampung pollen agar tidak jatuh.
  4. Pollen yang berperekat diambil menggunakan pinset, lidi, atau tusuk gigi yang bersih.
  5. Untuk pollen yang tidak berperekat maka pinset atau lidi dapat ditempelkan dahulu ke dalam putik agar mengandung perekat kemudian baru untuk mengambil pollen.
  6. Bibir bunga (labellum) dibuka lalu pollen dimasukkan ke dalam putik hingga melekat dua-duanya.
  7. Beri identitas dengan menggantungkan label pada tangkai bunga yang bertuliskan nama anggrek, tanggal penyerbukan, dan nama penyerbuk.
BACA:  Kebudayaan Asing Adalah?

Artikel ini dikunjungi dengan topik . Baca juga artikel menarik lainnya apa pengertian dari globalisasiHadis tentang menutup aurat riwayat abu daud (4017)dan lainya dengan sanad yang hasanBunyi Hadits tentang menutup aurat dari( HR-ABU DAWUD DAN SANAD YANG HASAN Pakai bahasa latinkitab suci agama hindumahal mana besi atau alumunium untuk penghantar magnetBeruang madu.