CONTOHTEKS
 

Keuntungan dan Kerugian Letak Geografis Indonesia

 

CONTOHTEKS.NET – Indonesia terletak antara 6 derajat LU-11 derajat LS dan 95 derajat BT- 14 derajat. Letak geografis disuatu wilayah dilihat dari kenyataan di permukaan bumi.

Berdasarkan letak geografisnya kepulauan Indonesia diantara Benua Asia dan Benua Australia dan Samudera Hindia dan Samudera Pasifik.

Dengan wilayah Indonesia yang berada di posisi silang membuatnya mempunyai arti penting dalam kaitannya dalam iklim musim dan perekonomian. Ketika berbicara geografi maka hal pertama yang akan ditinjau lokasi,letak atau posisi.

Indonesia ditinjau dari segi letak memiliki berbagai macam keunggulan yang menjadi modal yang sangat berharga bagi pembangunan Negara. Letak atau posisi dapat ditinjau dari berbagai aspek yaitu astronomi, geologi, geografi, ekonomi dan sosio budaya. Selain itu, ada juga keuntungan dan kerugian umum dari letak geografis Indonesia.

BACA:  5 Sungai Terkenal di India

Keuntungan Letak Geografis Indonesia

Berikut adalah beberapa keuntungan dari letak geografis Indonesia:

BACA:  Teknik Seni Ukir di Nusantara

Kelemahan Letak Geografis Indonesia

Posisi dan letak geografis Indonesia juga mengandung sejumlah kelemahan atau potensi kerugian, antara lain:

  1. Kerusakan lingkungan fisik, seperti : pencemaran air, udara, lahan kritis dan abrasi.
  2. Kerusakan lingkungan biotis, seperti : penurunan sumber daya hayati (flora/fauna), ilegal logging, kerusakan ekosistem pantai, sungai dan danau.
  3. Kerusakan sumber daya alam oleh exploitasi berlebihan, illegal fishing dan illegal mining.
  4. Bencana alam, longsor, gempa bumi, tsunami, erosi, kekeringan, banjir, badai dan bencana teknologi.
  5. Kurangnya pengembangan potensi seni dan budaya lokal dari setiap etnik dan memudarnya ciri kehidupan mulai dari Bahasa, Adat istiadat/Tradisi, bangunan rumah dan tata cara pergaulan.
  6. Pengangguran yang mencapai 10,55 juta (9,75%) dan kemiskinan sebanyak 37,17 (16,58%) dari total penduduk Indonesia (BPS 2008).
BACA:  Faktor-Faktor Apa Sajakah yang Mempengaruhi Banyak Sedikitnya Produktivitas Urine?

Posisi geografis Indonesia yang sangat strategis juga dapat menjadi suatu kelebihan bagi Negara Indonesia. Letak Indonesia yang strategis tidak hanya di wilayah udara tetapi tetapi didukung wilayah darat yang sangat bagus.

Selain itu bangsa Indonesia memiliki dua musim yaitu musim hujan dan musim kemarau yang tidak dimilki oleh negara lain, keadaan musim Indonesia beragam menjadikan komoditas pertanian yang dihasilkan oleh Indonesia.

Dengan posisi indonesia yang strategis menjadi suatu kelebihan dan juga bisa dimanfaatkan oleh masyarakat sehingga membawa damapak yang sangat positif bagi kemajuan perekonomian bangsa Indonesia.

Artikel ini dikunjungi dengan topik . Baca juga artikel menarik lainnya .