CONTOHTEKS
   

Tuliskan Fungsi Otak Besar

 

CONTOHTEKS.NET – Manusia adalah mahluk hidup yang paling tinggi derajatnya diantara mahluk hidup lainnya karena manusia memiliki akla dan pikiran.

 

Manusia menggunakan akal dan pikiran untuk lebih berkembang dan lebih siap dalam menjalani kebutuhan dimana untuk hidup, manusia membutuhkan akal untuk membuatnya tetap bertahan.

Nah, akal dan pikiran berasal dari satu organ tubuh kita atau yang bisa disebut dengan organ tunggal atau raja dari segala pusat perintah yaitu otak.

Pengertian Otak

Otak adalah pusat terhubungnya semua indera yang memungkinkan kita untuk mengenali dunia luar. Kita ingat, memiliki emosi, memecahkan masalah, khawatir tentang hal-hal, bermimpi tentang masa depan, dan mengendalikan tubuh kita di dalam otak kita.

BACA:  Jelaskan Secara Singkat Masuknya Agama Hindu ke Indonesia

Seperti kebiasaan organ, otak tidak tampak seperti kebanyakan organ lainnya. Otak dilindungi oleh tengkorak kepala yang keras, tebal dengan membran dan cairan di sekitarnya untuk melindunginya.

Pembagian Otak

Otak manusia dapat dipecah menjadi beberapa bagian otak dengan fungsi yang berbeda.

1. Serebrum

Serebrum atau otak besar adalah bagian terbesar dari otak. Ini adalah bagian atas keriput abu-abu. Permukaan otak yang disebut korteks serebral.

Bagian yang berbeda dari otak berurusan dengan bagian-bagian tubuh yang berbeda. Yang berhubungan dengan bagian belakang adalah pandangan sementara bagian lain berhubungan dengan fungsi lain seperti gerakan, pendengaran, bahasa, dan sentuhan.

2. Serebelum

Di bagian belakang dan bawah otak adalah serebelum atau otak kecil.

BACA:  Sebutkan Ciri-ciri Basa dan Contohnya

Ini bagian dari otak berkaitan dengan gerakan motorik. Ini memproses semua pesan bermotorik yang masuk dari saraf dan mengeluarkan apa yang harus dilakukan dengan mereka.

Otak kecil bisa belajar gerakan motorik dengan praktek yang memungkinkan kita untuk melakukan hal-hal seperti naik sepeda atau mengetik tanpa berpikir tentang hal itu.

3. Batang Otak atau Medula

Di sinilah otak terhubung ke sumsum tulang belakang. Juga, banyak fungsi yang secara otomatis dikendalikan disini seperti menjaga detak jantung, pernapasan, dan mencerna makanan.

Otak memiliki tiga bagian utama, otak, otak kecil, dan batang otak. Otak dibagi menjadi daerah yang mengontrol fungsi-fungsi tertentu.

Fungsi Otak

Otak besar dibagi menjadi belahan kiri dan belahan kanan, atau yang lebih dikenal dengan Otak Kiri dan Otak Kanan. Masing-masing belahan mempunyai fungsi yang berbeda.

BACA:  Asal Musik Goong Renteng

Otak kiri berfungsi dalam hal-hal yang berhubungan dengan logika, rasio, kemampuan menulis dan membaca, serta merupakan pusat matematika. Beberapa pakar menyebutkan bahwa otak kiri merupakan pusat Intelligence Quotient (IQ).

Sementara itu otak kanan berfungsi dalam perkembangan Emotional Quotient (EQ). Misalnya sosialisasi, komunikasi, interaksi dengan manusia lain serta pengendalian emosi.

Pada otak kanan ini pula terletak kemampuan intuitif, kemampuan merasakan, memadukan, dan ekspresi tubuh, seperti menyanyi, menari, melukis dan segala jenis kegiatan kreatif lainnya.

Artikel ini dikunjungi dengan topik . Baca juga artikel menarik lainnya properti seni tari language:idtahap berkembang bertambahnya usia seseorangproperti yang digunakan dalam tari jaranan adalahpenyakit yg bs disebbkn oleh bilu kucing pd anak dn balitaPanduan identifikasi identifikasi partisipasi keluarga dalam pengambilan keputusa dalam pelayanantuliskan pendapat kalian ttg solusi untuk mengatasi masalah kelangkaan batu bara tersebutperbedaan negara serikat dan perserikatan negara.