CONTOHTEKS
   

Ruang Lingkup Ekonomi Industri

 

CONTOHTEKS.NET – Ekonomi industri adalah ilmu ekonomi yang mempelajari aspek ekonomi dari industri yaitu aspek pasar dan perusahaan.  Tujuan dari ekonomi industri yaitu menerangkan cara-cara perkembangan dalam sektor ekonomi. Ditinjau dari segi mikro dan makro, ekonomi industri memiliki definisi sebagai berikut:

Ruang Lingkup Ekonomi Industri

 

Di dalam ekonomi industri, terdapat beberapa ruang lingkup atau variabel yang ada di dalam perusahaan-perusahaan industri yang meliputi:

1. Struktur Industri

Struktur industri merupakan sifat permintaan dan penawaran barang dan jasa yang dipengaruhi oleh jenis barang yang dihasilkan, jumlah dan ukuran distribusi penjual (perusahaan) dalam industri, jumlah dan ukuran distribusi pembeli, diferensiasi produk serta mudah tidaknya (persyaratan) masuk ke dalam industri. Jadi bisa dikatakan bahwa struktur industri merupakan cerminan dari suatu struktur struktur pasar pada suatu industri.

BACA:  Jelaskan Karakteristik Hati Pada Manusia

Pasar dalam arti sempit merupakan tempat bertemunya pembeli dan penjual. Sementara itu dalam arti luas, pasar merupakan wujud abstrak suatu mekanisme ketika pihak pembeli dan penjual bertemu untuk mengadakan transaksi yang melibatkan harga dan kuantitas. Adapun jenis pasar dalam struktur industri, yaitu:

Dari beberapa jenis pasar yang terdapat dalam struktur industri, terdapat unsur-unsur yang menjadi syarat suatu struktur pasar, yaitu:

BACA:  Ciri-ciri Gunung Berapi yang Akan Meletus

2. Perilaku Industri

Dalam ekonomi industri, perilaku diartikan sebagai cara yang dilakukan oleh perusahaan agar mendapatkan pasar. Dengan kata lain, perilaku merupakan pola tanggapan dan penyesuaian berbagai perusahaan yang terdapat dalam suatu industri untuk mencapai tujuannya dan menghadapi persaingan. Perilaku dapat dilihat sebagai cara perusahaan untuk:

Perilaku perusahaan menjadi suatu hal yang menarik hanya ketika terjadi persaingan yang tidak sempurna. Dalam suatu pasar persaingan sempurna, satu perusahaan tidak dapat menentukan harga pasar. Dalam  keadaan yang demikian suatu perusahaan tidak memiliki perangsang untuk beriklan, untuk bereaksi pada saingan-saingan, atau untuk berusaha mencegah terjadinya entrySekalipun banyak perusahaan kecil dalam suatu industri kompetitif bisa mengkoordinir suatu kartel, perusahaan baru akan masuk ke dalam pasar. Situasi ini menjadi berbeda bila kompetisinya dalam bentuk pasar persaingan tidak sempurna.

Oleh karena itu, terdapat beberapa unsur penting dalam perilaku industri, yaitu:

BACA:  Orang Belanda yang Menentang Tanam Paksa

3. Kinerja Industri

Kinerja industri merupakan hasil kerja yang dipengaruhi oleh struktur dan perilaku industri dimana hasil biasa diidentikkan dengan besarnya penguasaan pasar atau besarnya keuntungan suatu perusahaan di dalam suatu industri. Secara lebih rinci, kinerja dapat pula tercermin melalui efisiensi, pertumbuhan (termasuk perluasan pasar), kesempatan kerja, kesejahteraan personalia, serta kebanggaan kelompok. Adapun unsur-unsur dalam kinerja industri meliputi:

Artikel ini dikunjungi dengan topik . Baca juga artikel menarik lainnya nama sunan yang penyebaran agamanya menggunakan metode wayang dam Gendingperbedaan fototaksis positif dengan negatifsyarat berdirinya suatu negaracontoh laporan informalgambar artikel kesatuan dan kesatuan disekolahteks analogi adalahteks analogib indonesia adalahorgan kelamin pria seperti pada gambar yg berfungsi menghasilkan sel sperma.