CONTOHTEKS
 

Batas-batas Negara Malaysia

 

CONTOHTEKS.NET – Malaysia adalah sebuah negara federasi yang terdiri dari 13 negara bagian dan 3 wilayah persekutuan di Asia Tenggara dengan luas 329.847 km2. Negara ini terletak di dekat khatulistiwa dan beriklim tropis. Kepala negara Malaysia adalah Yang di-Pertuan Agong dan pemerintahannya dikepalai oleh seorang Perdana Menteri. Model pemerintahan Malaysia mirip dengan sistem parlementer Westminster.

Batas-batas Negara Malaysia

Malaysia berbatasan dengan Thailand, Indonesia, Singapura, Brunei, dan Filipina. Adapun batasan-batasannya adalah sebagai berikut:

Negara ini dipisahkan ke dalam 2 kawasan, yaitu Malaysia Barat dan Malaysia Timur oleh Kepulauan Natuna, di wilayah Indonesia dan di Laut Tiongkok Selatan. Keduanya memiliki bentuk muka bumi yang hampir sama, yaitu dari pinggir laut yang landai hingga hutan lebat dan bukit tinggi. Adapun pembagian wilayah administratifnya adalah sebagai berikut:

Malaysia Barat

BACA:  Apa yang Dimaksud Dengan Ekskresi?

Malaysia Timur

Sementara itu, kota-kota besar di Malaysia antara lain:

Kota utama lain termasuk:

Kuala Lumpur adalah ibukota resmi dan kota terbesar di Malaysia. Sedangkan Putrajaya dianggap sebagai ibukota administratif pemerintahan persekutuan Malaysia. Meskipun banyak cabang eksekutif dan yudikatif pemerintahan persekutuan telah pindah ke sana untuk menghindari kemacetan yang tumbuh di Kuala Lumpur, tetapi Kuala Lumpur masih dipandang sebagai ibukota legislatif Malaysia karena di sanalah beradanya kompleks gedung Parlemen Malaysia. Kuala Lumpur juga merupakan pusat perdagangan dan keuangan Malaysia.

Kondisi Geografi Malaysia

Malaysia adalah negara berpenduduk terbanyak ke-43 dan negara dengan daratan terluas ke-66 di dunia, dengan jumlah penduduk kira-kira 27 juta dan luas wilayah melebihi 320.000 km2. Malaysia adalah negara beriklim tropis dengan iklim lokal adalah khatulistiwa dan dicirikan oleh angin muson barat daya (April hingga Oktober) dan timur laut (Oktober hingga Februari).

BACA:  Kebudayaan pada Zaman Paleolithikum di Indonesia

Tanjung Piai yang terletak di selatan negara bagian Johor, adalah tanjung paling selatan benua Asia.Sementara itu Selat Malaka yang terletak di antara Sumatera dan Semenanjung Malaysia, merupakan jalur pelayaran terpenting di dunia.

Sumber Daya Alam di Malaysia

Malaysia diberkati dengan kekayaan sumber daya alam, misalnya dalam sektor pertanian, kehutanan, dan pertambangan.

BACA:  Apa yang Dimaksud Menstruasi?

Artikel ini dikunjungi dengan topik . Baca juga artikel menarik lainnya .