CONTOHTEKS
 

Pembagian Wilayah Negara-negara di Asia Tenggara

 

CONTOHTEKS.NET – Asia Tenggara merupakan sebuah kawasan di benua Asia bagian tenggara, yang mencakup Indochina dan Semenanjung Malaya serta kepulauan di sekitarnya. Asia Tenggara berbatasan dengan Republik Rakyat Tiongkok di bagian utara, Samudra Pasifik di bagian timur, Samudra Hindia di bagian selatan, dan Samudra Hindia, Teluk Benggala, dan anak benua India di bagian barat.

Secara geografis dan historis, sebenarnya Taiwan dan pulau Hainan juga termasuk Asia Tenggara. Namun, karena alasan politik, maka Taiwan dan pulau Hainan lebih sering dimasukkan ke kawasan Asia Timur. Sementara itu, kepulauan Cocos dan Pulau Christmas, yang terletak di selatan Jawa, oleh beberapa pihak dimasukkan sebagai kawasan Asia Tenggara meskipun secara politik berada di bawah administrasi Australia. Sebaliknya, secara politik Pulau Papua dimasukkan ke dalam kawasan Asia Tenggara, meskipun sebenarnya secara geologi sudah tidak termasuk dalam benua Asia.

Pembagian Wilayah Negara-negara di Asia Tenggara

Berbicara tentang pembagian wilayah di Asia Tenggara, sebenarnya hal ini tidak luput dari pembagian wilayahnya yang masuk dalam wilayah daratan dan maritim. Adapun pembagian kedua jenis wilayah tersebut sebenarnya telah diatur dalam organisasi ASEAN meskipun Timor Leste belum menjadi anggota resmi ASEAN. Adapun pembagiannya adalah sebagai berikut:

BACA:  Sebutkan 3 Lapisan Kulit Manusia

1. Wilayah Daratan
Wilayah daratan meliputi negara-negara berikut ini:

BACA:  Serat Alam yang Dapat di Gunakan untuk Kerajinan

2. Wilayah Maritim

Wilayah maritim meliputi negara-negara berikut ini:

BACA:  Manfaat atau Fungsi Hutan

Artikel ini dikunjungi dengan topik . Baca juga artikel menarik lainnya .