CONTOHTEKS
 

Proses Telinga Mendengar Suara

 

CONTOHTEKS.NET – Telinga adalah Organ tubuh manusia yang berfungsi sebagai indra pendengaran dan organ yang menjaga keseimbangan.

Telinga merupakan organ yang berperan terhadap pendengaran kita akan suara atau bunyi, hal ini dapat terjadi karena telinga memiliki reseptor khusus yang berfungsi untuk mengenali getaran suara.

Namun Telinga memiliki batasan frekuensi suara yang dapat didengar, yaitu yang frekuensinya 20 Hz – 20.000 Hz.

Fungsi dan Kegunaan Telinga

Adapun fungsi telinga diantaranya ialah:

1. Pengatur keseimbangan

Terdapat struktur khusus pada organ telinga yang berfungsi mengatur dan menjaga keseimbangan tubuh. Organ ini berhubungan dengan saraf otak ke VIII yang berfungsi dalam menjaga keseimbangan dan untuk mendengar.

2. Indera pendengaran

Telinga dapat berfungsi sebagai indera pendengaran apabila terdapat gelombang suara yang masuk melalui telinga luar yang akan diterima oleh otak melalui proses terjadinya pendengaran.

Bagian-Bagian Telinga

Tiga bagian utama dari telinga manusia adalah telinga luar, telinga tengah, dan telinga bagian dalam. Kerja dari telinga manusia adalah sedemikian rupa sehingga gelombang suara melakukan perjalanan dari telinga luar ke telinga tengah, yang kemudian diteruskan ke telinga bagian dalam bentuk gelombang kompresi.

Di telinga bagian dalam, gelombang kompresional diubah menjadi impuls listrik yang dirasakan oleh otak. Dengan cara ini, kita dapat mendengar dan membedakan berbagai jenis suara.

Mari kita bahas secara singkat tentang bagian-bagian yang berbeda dari telinga manusia dan peran mereka dalam mendengar.

1. Telinga luar

Ini telinga luar atau telinga bagian luar adalah bagian yang terlihat dari telinga, yang berfungsi sebagai organ pelindung untuk gendang telinga.

BACA:  Ciri-ciri Khusus Kupu-kupu

Ini mengumpulkan dan memandu gelombang suara masuk ke telinga tengah. Telinga luar terdiri dari dua bagian berikut.

2. Telinga Tengah

Telinga tengah, terletak di antara telinga luar dan telinga bagian dalam, merasakan gelombang suara dari telinga luar dalam bentuk gelombang tekanan. Telinga tengah adalah rongga berisi udara dan terdiri dari bagian-bagian berikut.

3. Telinga dalam (Labyrinth)

Telinga bagian dalam, seperti namanya, adalah bagian terdalam dari telinga. Hal ini diisi dengan zat seperti air dan terdiri dari baik untuk pendengaran dan keseimbangan organ.

Telinga bagian dalam terdiri dari bagian-bagian berikut.

Koklea (rumah siput)

koklea atau tabung spiral adalah struktur digulung yang dapat meregang sekitar 3 cm. Lapisan membran koklea terdiri dari banyak sel-sel saraf. Sel-sel saraf mirip rambut merespon secara berbeda terhadap berbagai frekuensi getaran, yang akhirnya mengarah ke generasi impuls listrik.

BACA:  Perkembangan Kebudayaan Bascon-Hoabinh

Koklea adalah pusat pendengaran dari telinga bagian dalam, organ cairan yang menerjemahkan getaran suara menjadi impuls pendengaran yang dapat dimengerti otak.

Hal ini terjadi pada organ Corti, struktur yang terdiri dari rambut halus di seluruh koklea yang bergetar dan mengirimkan sinyal listrik melalui sistem saraf.Ketika gelombang suara masuk telinga, mereka pertama kali bertemu gendang telinga.

Getaran mentransfer energi mereka ke gendang telinga, yang bergetar untuk menanggapi. Gerakan ini diterjemahkan melalui serangkaian tulang kecil di dalam telinga ke koklea. Karena gendang telinga jauh lebih besar daripada organ ini, getaran yang lebih kuat, yang memungkinkan mereka untuk melewati cairan di dalam pusat pendengaran.

Gelombang ini mengatur rambut organ Corti bergerak, dan impuls mereka menciptakan perjalanan ke pusat pendengaran di otak.Tinnitus terjadi ketika rambut organ Corti mendirikan semacam umpan balik.

Ketika suara sangat samar, rambut-rambut ini kadang-kadang memperkuat suara dengan ledakan getaran dalam rangka meningkatkan pendengaran.

Kadang-kadang, hal ini menyebabkan semua rambut untuk mulai bergetar, menciptakan sensasi suara dering.

Dalam keadaan normal, otak mampu menutup proses ini mati setelah 10 atau 15 detik, tetapi dalam tinnitus kronis, hal itu mungkin menjadi masalah yang berulang.

Saluran setengah lingkaran

Ini adalah loop berisi cairan, yang melekat pada koklea dan membantu dalam mempertahankan keseimbangan.

Saraf Auditori

Ini impuls listrik, yang dihasilkan oleh sel-sel saraf, yang kemudian diteruskan ke otak. Dengan cara ini, bagian-bagian yang berbeda dari telinga manusia melakukan fungsi tertentu yang berkontribusi terhadap fungsi keseluruhan telinga.

BACA:  Perbandingan Alam Indonesia dan Filipina

Setiap kerusakan dan / atau gangguan di bagian telinga dapat menyebabkan masalah telinga dan gangguan pendengaran (tuli).

Bagaimana Proses Kita Mendengar?

Meskipun mendengar adalah sebuah proses yang kompleks, namun pada dasarnya mendengar merupakan kegiatan pasif yang otomatis – tanpa disadari terlibat dalam proses.

Berikut adalah urutan singkat bagaimana kita dapat mendengar:

  1. Sesuatu bergetar dan menciptakan sebuah gelombang bunyi.
  2. Gelombang bunyi ditangkap oleh daun telinga.

Gelombang bunyi masuk ke dalam liang telinga. Gelombang bunyi menggetarkan gendang telinga dan diubah menjadi energi mekanik.

Terdapat tulang pendengaran di telinga tengah: malleus, incus, dan stapes. Gendang telinga menggetarkan tulang pendengaran dan meneruskannya ke telinga dalam. Gangguan pendengaran konduktif biasanya terjadi di telinga tengah ini.

Getaran Cairan di dalam koklea/rumah siput merangsang sel-sel rambut menghasilkan impuls bio elektrik. Kerusakan sel-sel rambut pada koklea akan mengakibatkan gangguan pendengaran sensorineural.

Impuls listrik dari sel-sel rambut diteruskan ke otak oleh syaraf pendengaran. Di otak, impuls dari kedua telinga tersebut diartikan sebagai suara.

Otak membutuhkan informasi yang baik dari kedua telinga agar dapat menginterpretasikan bunyi menjadi kata-kata dan membantu kita untuk memahami percakapan.

Gangguan Pendengaran

Gangguan pendengaran bisa terjadi pada siapa saja dan pada semua umur , bisa sementara dan bahkan permanen.
Gangguan pendengaran disebabkan karena salah satu atau lebih, bagian dari telinga tidak dapat berfungsi secara normal.

Jenis gangguan pendengaran:

  1. Gangguan pendengaran Konduktif: terjadi ketika gelombang suara, terhalang masuknya dari lubang telinga dan gendang telinga menuju ke rumah siput ( koklea ) dan Saraf Pendengaran(Auditory Nerve).
  2. Gangguan pendengaran Sensorineural/Saraf: terjadi ketika rumah siput ( koklea) atau saraf pendengaran fungsinya menurun.
  3. Gangguan pendengaran campuran: campuran antara gangguan pendengaran konduktif dan saraf.

Artikel ini dikunjungi dengan topik . Baca juga artikel menarik lainnya .