CONTOHTEKS
 

Faktor Munculnya Nasionalisme Di Indonesia

 

CONTOHTEKS.NET – Sebelum membahas jauh mengenai faktor yang menjadi penyebab dari munculnya rasa nasionalisme di indonesia, mari ketahui dulu apa yang di maksud dengan nasionalisme itu.

 

Pengertian Nasionalisme

Nasionalisme berasal dari kata ‘nation’ (Inggris) yang berarti bangsa. Untuk pengertian nasionalisme itu sendiri adalah suatu sikap politik dari masyarakat suatu bangsa yang mempunyai kesamaan kebudayaan, dan wilayah serta kesamaan cita-cita dan tujuan, dengan demikian masyarakat suatu bangsa tersebut merasakan adanya kesetiaan yang mendalam terhadap bangsa itu sendiri.

Bagaimana dengan nasionalisme indonesia ? Nasionalisme indonesia juga memiliki arti yaitu suatu gerakan kebangsaan yang timbul pada bangsa Indonesia untuk menjadi sebuah bangsa yang merdeka dan berdaulat seperti yang dikutip dari wikipedia. 

Nasionalisme sudah menjadi bagian dari jiwa bangsa Indonesia yang akan terus melekat. Nasionalisme bukanlah suatu pengertian yang sempit bahkan masih memiliki banyak arti.

Ciri Nasionalisme

Adapula ciri dari nasionalisme yang muncul dari pengertian nasionalisme itu sendiri yaitu :

1. Nasionalisme adalah cinta tanah air, ras, bahasa atau sejarah budaya bersama.

BACA:  Apa Arti Sistem Pemerintahan Indonesia?

2. Nasionalisme adalah keinginan akan kemerdekaan politik, keselamatan dan prestise bangsa.

3. Nasionalisme adalah kebaktian mistis terhadap organisme sosial yang kabur, bahkan terkadang adikodrati yang disebut sebagai bangsa atau Volk yang kesatuannya lebih unggul daripada bagian-bagiannya.

4. Nasionalisme adalah dogma (kepercayaan) yang mengajarkan bahwa individu hanya hidup untuk bangsa itu sendiri.

Makna Nasionalisme

Makna dari nasionalisme secara politis merupakan perwujudan dari kesadaran nasional yang mengandung cita-cita dan pendorong bagi suatu bangsa, baik untuk merebut kemerdekaan atau mengusir penjajahan maupun sebagai pendorong untuk membangun dirinya maupun lingkungan masyarakat, bangsa dan negaranya.

Awal Mula Munculnya Semangat Nasionalisme Bangsa Indonesia

Kemunculan dari rasa kebangsaan Indonesia berasal dari keinginan kuat rakyat Indonesia untuk merdeka dan berdaulat. Selain itu terdapat juga faktor internal dan eksternal yaitu :

1. Faktor Internal

BACA:  Apa Maksud Jepang SebenarnyaMendirikan BPUPKI?

2. Faktor Eksternal

BACA:  Bentuk-bentuk Kontak Sosial

Dengan faktor-faktor diatas, inilah yang menjadi pemicu dari munculnya kesadaran Nasionalisme sebagai bangsa Indonesia sehingga mempunyai tekad dan kesadaran untuk memperoleh kembali kemerdekaan Indonesia setelah beberapa ratus tahun dijajah bangsa Eropa.