CONTOHTEKS
 

Jelaskan dan Sebutkan Simbol Pada Tari

 

CONTOHTEKS.NET – Dalam melakukan gerakan tari, kita tidak hanya harus mengerti tentang gerak dari tarian melainkan dalam tari ada beberapa simbol yang perlu dipahami oleh penari. Simbol dalam karya tari adalah makna-makna yang terkandung dalam suatu tarian. Simbol dalam karya tari terdapat dalam gerak, busana, tata rias, dan perlengkapan tari yang lain.
Tari merupakan ekspresi jiwa, oleh karena itu didalam tari mengandung maksud-maksud tertentu. Dari maksud yang jelas dan dapat dirasakan oleh manusia. Maksud atau simbol gerak yang dapat dimengerti atau abstrak yang sukar untuk dapat dimengerti tetapi masih tetap dapat dirasakan keindahannya.
Simbol dalam Seni Tari
Simbol dalam seni tari bukan berarti sebuah tanda, melainkan kelengkapan dari seni tari tersebut yang dimaksudkan dengan kata simbol. Ada 3 simbol dalam seni tari yaitu gerak, busana dan riasan wajah.
1. Simbol Gerak
Penciptaan tari menggunakan gerak sebagai simbol. Simbol gerak digunakan untuk menyampaikan perasaan, cerita bahkan keinginan. Gerak tari dilakukan dengan berbagai cara, diantaranya secara gemulai, patah-patah atau dinamis. Cara melakukan gerak tari juga merupakan bentuk simbol. Tari yang digerakan dengan cara gemulai menunjukkan kelembutan dan penuh perasaan. Gerak tari yang dilakukan secara patah-patah menyimbolkan kekuatan dan ketegasan. Gerak tari yang dilakukan secara dinamis menyimbolkan semangat, licah dan bertenaga.
Contoh yang lain adalah dalam gerak Tari Baris dari Bali. Gerak-gerak dalam tari baris menceritakan ketangguhan para prajurit Bali di masa lalu. Kedua pundak penari diangkat hingga hampir setinggi telinga. Kedua lengan yang nyaris selalu pada posisi horizontal dengan gerak yang tegas. Gerak khas lainnya yang ada pada tari baris adalah selendet atau gerak delik mata penari yang senantiasa berubah-ubah. Gerak ini menggambarkan sifat para prajurit yang senantiasa awas terhadap situasi di sekitarnya.
Beberapa gerakan dalam tarian antara lain sebagai berikut :
Gerak Kepala, seperti : menggeleng, menunduk, menengadah, menengok, berputar
Gerak Tangan, seperti : melenggang, memutar pergelangan, merentangkan tangan
Gerak Badan, seperti : membungkuk, condong, tegak tegap
Gerak Kaki, seperti : berjalan ditempat, melangkah kiri kanan, berlari
2. Simbol Busana
Busana juga digunakan sebagai simbol dalam karya tari, Simbol busana dapat dilihat warna-warna yang digunakan. Sebagai contoh penataan busana untuk Tari Merak dan Tari Topeng Menak Jingga. Busana Tari Merak dibuat sedemikian hingga menyimbolkan burung merak yang anggun. Busana Tari Topeng Menak Jingga didominasi warna merah. Warna merah untuk menyimbolkan watak Menak Jingga yang galak, kejam, dan serakah.
Simbol busana juga dapat dilihat pada tari Cenderawasih dari Bali. Busana ditata sedemikian rupa, sehingga Tari Cendrawasih dari Bali ini menggambarkan keindahan dan keelokan burung cendrawasih di Lombok dan di pegunungan Irian Jaya.
3. Tata rias
Dalam melakukan tarian, diperlukan untuk menciptakan wajah yang sesuai dengan karakter tari. Simbol tata rias wajah dapat dilihat dari wajah penari setelah dirias. Fungsi tata rias antara lain untuk mengubah karakter pribadi menjadi karakter tokoh yang sedang dibawakan dan khususnya untuk memperkuat ekspresi, juga untuk menambah daya tarik penampilan.

BACA:  Pengertian Semenanjung

Artikel ini dikunjungi dengan topik . Baca juga artikel menarik lainnya .