CONTOHTEKS
 

Apakah Karbon Dioksida Itu?

 

CONTOHTEKS.NET – Dalam ilmu kimia kita mengenal istilah karbon dioksida atau CO2. Karbon dioksida yang disebut juga zat asam arang merupakan sejenis senyawa kimia yang terdiri dari 2 atom oksigen yang terikat secara kovalen dengan sebuah atom karbon. Karbon dioksida berbentuk gas pada keadaan temperatur dan tekanan standar dan hadir di atmosfer bumi.

Konsentrasi karbon dioksida pada atmosfer bumi berada pada kisaran rata-rata sekitar 387 ppm berdasarkan volume walaupun jumlah ini bisa bervariasi tergantung pada lokasi dan waktu. Karbon dioksida adalah gas rumah kaca yang penting karena dapat menyerap gelombang inframerah dengan kuat. Karbon dioksida tidak mempunyai bentuk cair pada tekanan di bawah 5,1 atm namun langsung menjadi padat pada temperatur di bawah -78°C. Dalam bentuk padat, karbon dioksida umumnya disebut sebagai es kering.

Karbon dioksida dapat dihasilkan oleh semua hewan, tumbuh-tumbuhan, fungi, dan mikroorganisme pada proses respirasi dan digunakan oleh tumbuhan pada proses fotosintesis. Oleh karena itu, karbon dioksida merupakan komponen penting dalam siklus karbon. Karbon dioksida juga dihasilkan dari hasil samping pembakaran bahan bakar fosil. Karbon dioksida anorganik dikeluarkan dari gunung berapi dan proses geotermal lainnya seperti pada mata air panas.

BACA:  Material Pembentuk Litosfer

Sifat Kimia dari Karbon Dioksida

BACA:  Disebut Apakah Derajat Panas Suatu Benda?

Peranan Karbon Dioksida

BACA:  Bagian-bagian Kembang Sepatu dan Fungsinya

Artikel ini dikunjungi dengan topik . Baca juga artikel menarik lainnya .