CONTOHTEKS
 

Pengertian Karakter Menurut Para Ahli dan Contohnya

 

Karakter yang sering kita temukan dan diterapkan dalam kehidupan sehari – hari adalah karakter yang erat hubungannya dengan seseorang. Karakter seperti ini bisa menjadi ciri khas mendasar yang membedakan antara manusia satu dengan yang lainnya.

 

Tak mengherankan jika karakter satu dengan yang lainnya tampil berbeda – beda. Karakter adalah hal terpenting yang erat dihubungkan dengan tingkah laku (perilaku) seseorang.

Bila perilaku seseorang baik maka akan menjadi baik pula karakter yang terbentuk. Pun sebaliknya.

Karakter pada akhirnya menjadi tolok ukur guna menilai sikap seseorang. Karakter adalah menjadi sesuatu yang sangat melekat dalam diri seseorang.

Seiring berkembangnya waktu ke masa depan maka banyak bermunculan istilah – istilah yang berkaitan dengan pengertian karakter.

Nah melalui artikel ini akan kami ulas tentang materi yang berhubungan dengan karakter.

Pengertian Karakter

Suku kata karakter / dalam Bahasa Inggris: character menurut etimologis berasal dari Bahasa Yunani / Greek yaitu charassein yang mengandung arti to engrave. Suku kata ini bisa diartikan melukis, mengukir, memahatkan atau menggoreskan.

Sedangkan menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia suku kata karakter mengandung makna sebagai sebuah akhlak atau tabiat dan budi pekerti, sifat – sifat kejiwaan yang merujuk kepada ciri khas seseorang yang membedakannya dengan hal lainnya terutama yang berhubungan dengan watak.

BACA:  Ciri Budaya Politik di Indonesia

Seseorang bisa dikatakan berkarakter adalah orang – orang yang bersifat, berwatak, bertabiat, berperilaku, atau memiliki kepribadian. Sehingga dalam hal ini makna karakter identik dengan akhlak atau kepribadian.

Pengertian Karakter Menurut Para Ahli

Selain memberikan makna secara garis besar tersebut di atas, ada beberapa ahli yang menyumbangkan pendapat mereka tentang pengertian dari karakter. Berikut adalah beberapa makna karakter yang dimaksudkan oleh para ahli.

Pengertian Karakter Menurut Maxwell

Maxwell memberikan pendapat tentang karakter mengandung arti yang lebih mengkhusus dinilai dari sebuah ucapan.

Karakter dalam hal ini merupakan salah satu pilihan yang mampu menentukan kesuksesan seseorang. Sehingga akan memberikan pengaruh besar tentang keberhasilan seseorang di masa depan. Maka dari itu seseorang harus pintar dalam hal memilih dan menentukan karakternya.

Pengertian Karakter Menurut Wyne

Sedangkan Wyne menyumbangkan pendapatnya tentang karakter adalah sebuah cara atau teknis tentang penjelasan bagaimana cara memfokuskan pemakaian nilai – nilai baik dalam masing – masing perbuatan atau tingkah laku yang terbentuk.

Pendapat ini memberikan tekanan kepada karakter adalah bagaimana proses terjadinya penanaman terhadap nilai – nilai kebaikan di dalam kehidupan sehari – hari.

Ragam Karakter Yang Patut Dipelajari

Dengan sangat mudah menemukan beragam jenis karakter di dunia ini. Di Indonesia sendiri menurut Kementrian Pendidikan Nasional Indonesia memberikan rumusan sebanyak 18 karakter yang wajib ditanamkan dalam diri masing – masing warga negara Indonesia terlebih untuk para siswa dalam upaya guna membangun dan menguatkan karakter dari Bangsa Indonesia.

Berikut adalah beberapa penjelasan dari karakter yang dimaksudkan tersebut di atas.

BACA:  Apa Arti Sistem Pemerintahan Indonesia?

Berkaitan dengan religius 

Yang dimaksudkan dengan religius yaitu salah satu karakter pertama yang wajib ditanamkan.

Religius adalah merupakan sebuah sikap dan perilaku yang patuh di dalam melakukan ajaran – ajaran agama yang dipeluk oleh masing – masing disertai sikap toleran terhadap tata laksana ibadah dari agama lain dan hidup rukun berdampingan nan harmonis dengan pemeluk agama lainnya.

Berkaitan dengan kejujuran

Karakter yang kedua adalah kejujuran. Jujur adalah sebuah perilaku yang di dalamnya menanamkan sikap untuk berusaha menjadikan diri masing – masing sebagai seseorang yang bisa dipercaya, baik itu berhubungan dengan perkataan, tindakan, maupun pekerjaan.

Berhubungan dengan toleransi

Toleransi dalam hal ini merupakan sebuah sikap dan tindakan dimana kita diwajibkan untuk menghargai perbedaan – perbedaan yang muncul di sekitar kita baik itu yang berhubungan dengan perbedaan agama, etnis, suku, pendapat, sikap, dan tindakan – tindakan dari orang lain yang berbeda dengan dirinya sendiri.

Berhubungan dengan disiplin

Karakter yang keempat adalah tentang disiplin. Yang dimaksudkan dengan disiplin adalah sebuah tindakan yang merujuk dan menunjukkan tentang perbuatan tertib serta kepatuhan terhadap beragam ketentuan berisikan peraturan yang sudah berlaku.

Berkaitan dengan kerja keras

Karakter kerja keras adalah salah satu upaya yang wajib dilakukan dengan sungguh – sungguh dalam upaya mengatasi beberapa hambatan disertai permasalahan serta kemampuan menyelesaikan tugas dengan baik penuh tanggung jawab. 

Karakter cinta tanah air

Karakter ini adalah menunjukkan sebuah sikap dan pola berpikir, berperilaku dan bersikap yang dapat memperlihatkan sisi kesetiaan, kepedulian dan penghargaan yang bernilai ditujukan kepada bidang – bidang bahasa, lingkungan fisik, sosial, budaya, ekonomi, dan politik bangsa.

BACA:  Alasan Bangsa Indonesia Memperjuangkan Kemerdekaan

Menghargai hal – hal yang berprestasi

Karakter kedua belas adalah menghargai prestasi. Maksudnya adalah menunjukkan sebuah sikap dan perilaku yang mampu mendorong diri masing – masing untuk dapat menghasilkan sesuatu yang memberikan banyak manfaat bagi masyarakat serta mengakui dan menghormati keberhasilan dari orang lain.

Berhubungan dengan persahabatan / komunikatif

Yang dimaksud dengan bersahabat atau istilah lainnya adalah komunikatif merupakan salah satu sikap terbuka terhadap orang lain untuk selanjutnya mampu melakukan pertukaran informasi dilakukan secara baik terhadap lingkungan sekitar kita berada.

Jika kita sudah menguasai karakter bersahabat maka akan menjadi lebih mudah untuk melakukan komunikasi lalu bergaul dengan orang – orang dalam lingkungan baru.

Cinta Damai

Karakter ini adalah menunjukkan sebuah sikap disertai tindakan yang mendorong diri masing – masing menuju kepada kondisi yang damai, rukun dan harmonis dalam menjalani kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

Gemar membaca buku dan sejenisnya

Gemar membaca adalah merupakan salah satu kebiasaan yaitu mengusahakan meluangkan beberapa waktu untuk dapat membaca beberapa reverensi yang nantinya diharapkan dapat memberikan kebijaksanaan dan kebajikan untuk dirinya sendiri disertai pembekalan ilmu pengatahuan yang bersifat luas. 

Peduli terhadap lingkungan

Karakter keenam belas adalah peduli kepada lingkungan. Merupakan salah satu sikap dan perilaku yang berusaha untuk mencegah terjadinya hal – hal yang bisa merusak lingkungan alam sekitar kita berada untuk selanjutnya mengembangkan suatu usaha untuk memperbaiki kondisi kerusakan alam yang terlanjur terjadi agar tidak semakin menjadi parah.

****

Demikian kami menjelaskan dengan singkat mengenai materi tentang karakter. Semoga bermanfaat bagi para pembaca.