CONTOHTEKS
 

Pengertian Uretra

 

CONTOHTEKS.NET – Dalam ilmu Biologi khususnya yang mempelajari mengenai anatomi tubuh manusia, dikenal istilah uretraUretra adalah saluran yang menghubungkan kantung kemih ke lingkungan luar tubuh. Uretra berfungsi sebagai saluran pembuang baik pada sistem kemih atau ekskresi dan sistem seksual. Pada pria, uretra juga berfungsi dalam sistem reproduksi sebagai saluran pengeluaran air mani.

Dalam hal ini, kantung kemih mengumpulkan dan menyimpan urin sampai kapan siap untuk dibuang melalui uretra. Sementara fungsi tetap sama untuk kedua jenis kelamin, meskipun terdapat sedikit perbedaan  karena adanya perbedaan alat kelamin antara wanita dan pria.

Infeksi lebih sering terjadi pada uretra wanita daripada pria. Kondisi yang paling umum disebut uretritis, yang melibatkan peradangan dan nyeri buang air kecil. Penyebabnya mungkin bervariasi dan dapat termasuk infeksi virus atau bakteri. Gejalanya mungkin termasuk purulen atau nanah seperti kotoran. Perawatan tergantung pada penyebab dan gejala yang tepat, tetapi kebanyakan perawatan melibatkan jenis yang berbeda-beda tergantung dengan resep obat.

Anatomi Uretra pada Wanita dan Pria

1. Pada Wanita

Pada wanita, panjang uretra sekitar 2,5 sampai 4 cm dan terletak di antara klitoris dan pembukaan vagina. Pria memiliki uretra yang lebih panjang dari wanita. Artinya, wanita lebih berisiko terkena infeksi kantung kemih atau sistitis dan infeksi saluran kemih.

BACA:  Bagaimanakah Ciri-ciri Homo Sapiens?

2. Pada Pria

Pada pria, panjang uretra sekitar 20 cm dan berakhir pada kepala/glans penis. Uretra pada pria dibagi menjadi 4 bagian dan dinamakan sesuai dengan letaknya:

Perbedaan antara Uretra dengan Ureter

Selain istilah uretra, dikenal juga istilah ureter. Sistem kemih pada dasarnya terdiri dari ginjal, ureter, kantung kemih, dan uretra. Fungsi utama dari sistem ini adalah proses ekskresi. Sistem ini mengeluarkan produk limbah dari metabolisme dan bahan lainnya dalam bentuk urin. Juga, sistem ini penting untuk mempertahankan homeostasis dengan mengatur jumlah air dan garam yang diekskresikan dalam urin. Uretra dan ureter merupakan tabung fibromuskular yang dilalui urin dalam sistem kemih. Lalu apa perbedaan antara keduanya?

BACA:  Jenis-jenis Koperasi

Uretra adalah tabung fibromuskular yang mengeluarkan urin dari kandung kemih ke luar. Ini dimulai di leher kandung kemih dan berakhir di lubang uretra eksternal. Uretra dilapisi dengan lapisan sel yang dapat mengeluarkan lendir, dan lapisan otot penting untuk dilalui urin melalui tabung.

Ureter adalah tabung fibromuskular yang mendorong urin dari ginjal ke kandung kemih. Otot-otot halus dapat membuat gelombang tidak secara sadar seperti kontraksi dan mendorong urin terhadap kandung kemih. Rangkaian kontraksi otot yang teratur dikenal sebagai gerakan peristaltik. Pada orang dewasa, ureter memiliki panjang sekitar 25 sampai 30cm dan diameter sekitar 3 sampai 4mm. Bagian atas ureter adalah tepat pada perut sedangkan bagian bawah adalah di dinding panggul lateral. Pada pria, ureter terletak pada lipatan sacrogenital dan menyilang medial oleh ductus deferens. Pada wanita, ureter terletak pada ligamentum uterosakral dan menyilang anterior oleh arteri uterina. Ureter tertanam sekitar 2cm di sisi dinding belakang kandung kemih. Lumen ureter paling sempit dan berotot dengan selubung dari ureter dan kandung kemih yang kontinu.

BACA:  Bagaimana Transportasi Zat Melewati Membran Sel?

Atau dapat pula disimpulkan perbedaan antara keduanya sebagai berikut:

 

Artikel ini dikunjungi dengan topik . Baca juga artikel menarik lainnya .