CONTOHTEKS
 

Negara-negara di Kawasan Afrika Utara

 

CONTOHTEKS.NET – Afrika adalah benua terbesar ketiga di dunia setelah Asia dan Amerika dan kedua terbanyak penduduknya setelah Asia. Total luas wilayah benua Afrika mencapai sekitar 30.224.050 km² termasuk pulau-pulau yang berdekatan menjadikan benua Afrika meliputi sekitar 20,3% dari total seluruh daratan di bumi. Belum lagi dengan jumlah populasi di Afrika yanf mencapai sekitar 800 juta jiwa penduduk yang menyebar di 54 negara bagiannya, menjadikan Afrika sebagai benua bagi sekitar sepertujuh jumlah populasi manusia yang ada di dunia.

Kondisi Geografis Benua Afrika

BACA:  Contoh Teks Eksplanasi Lumpur Panas Terjadi Akibat Rekahan Alami

Kenampakan Alam Terkenal di Benua Afrika

Ada 3 kenampakan alam yang paling terkenal di benua Afrika, yaitu:

  1. Sungai Nil adalah sungai terpanjang di dunia. Sungai ini bermuara di Laut Mediterania di bagian timur laut Afrika. Mesir Kuno adalah salah satu peradaban besar pertama di dunia, yang berkembang di sepanjang sungai Nil yang perkasa lebih dari 5.000 tahun yang lalu. Sampai sekarang piramida-piramida yang megah masih menjulang di negeri itu.
  2. Gurun Sahara adalah gurun pasir terbesar di dunia, meliputi petak tanah yang luas di lintas Afrika utara. Gurun itu terbentang mulai dari Samudera Atlantik di barat hingga Laut Merah di sebelah timur. Sahara meliputi ¼ dari seluruh benua itu. Sebagian besar Sahara panas, kering, dan kosong. Sejak zaman kuno, manusia menggunakan unta untuk membawa barang-barang melintasi gurun yang sangat luas itu.
  3. Pegunungan Kilimanjaro adalah pegunungan tertinggi di benua Afrika yang terdapat di timur Afrika Tengah. Kilimanjaro adalah gunung aktif yang mempunyai ketinggian 19.341 kaki (5.895 meter).
BACA:  Apa Saja yang Ditetapkan dalam Perjanjian Bongaya?

Pembagian Kawasan-kawasan di Benua Afrika

  1. Afrika Timur (negara bagian = 18)
  2. Afrika Tengah (negara bagian = 9)
  3. Afrika Utara (negara bagian = 7)
  4. Afrika Selatan (negara bagian = 6)
  5. Afrika Barat (negara bagian = 17)

Negara-negara di Kawasan Afrika Utara

1. Aljazair

2. Libya

BACA:  Makam Syekh Burhanuddin Terletak di

3. Maroko

4. Mesir

5. Sahara Barat

6. Sudan

7. Tunisia

Artikel ini dikunjungi dengan topik . Baca juga artikel menarik lainnya .