CONTOHTEKS
 

Manfaat Kelapa Sawit

 

CONTOHTEKS.NET – Kelapa sawit adalah tumbuhan industri penting penghasil minyak masak, minyak industri, maupun bahan bakar (bio diesel). Perkebunan kelapa sawit dapat menghasilkan keuntungan besar sehingga banyak hutan dan perkebunan lama dikonversi menjadi perkebunan kelapa sawit. Indonesia adalah penghasil minyak kelapa sawit terbesar di dunia. Penyebaran kelapa sawit di Indonesia meliputi wilayah Aceh, pantai timur Sumatera, Jawa, Kalimantan, dan Sulawesi.

Klasifikasi Ilmiah Kelapa Sawit

Deskripsi Kelapa Sawit

BACA:  Raja Kudungga Menganut Agama Apa?

Manfaat Kelapa Sawit

1. Sebagai Bahan Makanan

Minyak sawit CPO dan PKO dapat digunakan sebagai bahan baku dari bahan makanan seperti mentega, minyak goreng atau minyak makan, berbagai jenis asam lemak nabati. Teknologi yang digunakan merubah minyak sawit menjadi bahan makanan adalah fractionating, hydrogenation, refining, bleaching, dan deodozing. Selain sebagai bahan baku, minyak sawit juga digunakan sebagai bahan penolong (aditif) pembuatan cokelat, es krim, pakan ternak, vanaspati, berbagai jenis asam lemak dan makanan ringan lainnya.

2. Sebagai Bahan Kosmetik dan Obat

Minyak sawit dapat menghasilkan berbagai kosmetik dan obat-obatan seperti Cream, Shampo, Lotion, Pomade, dan Vitamin. Minyak sawit lebih mudah diabsorpsi kulit dibandingkan dengan minyak lainnya sehingga relatif lebih efektif dalam penggunaannya. Minyak sawit mengandung vitamin E yang disebut sebagai tocopherol dan tocotrienol.

3. Sebagai Bahan Baku dalam Industri Berat dan Ringan

Minyak sawit juga dapat digunakan sebagai bahan baku pembuatan oleochemical, baik oleokimia dasar maupun oleokimia turunan seperti glycerol, fatty acid, fatty alcohol, fatty amines, fatty ester, methyl etilene dan senyawa opoksi. Selanjutnya zat-zat ini digunakan sebagai bahan baku beberapa produk seperti cat, bahan pencetak, pasta gigi, farmasi dan obat-obatan, plastik, minyak diesel, kerosin, dan gasolin. Minyak sawit juga dapat menghasilkan beberapa senyawa atau zat kimia antioksidan yang sangat dibutuhkan dalam membatasi pembelahan sel yang tidak sempurna dalam penyakit kanker.

BACA:  Apa yang Dimaksud Dengan Fertilisasi?

 
 

Artikel ini dikunjungi dengan topik . Baca juga artikel menarik lainnya .