CONTOHTEKS
   

Negara yang Dijuluki Negeri Putih atau Albion

 

CONTOHTEKS.NET – Ada beragam negara di dunia ini yang memiliki julukan. Salah satunya adalah negeri putih atau albion. Negara apakah yang mendapatkan julukan itu? Tak lain dan tak bukan adalah negara Inggris. Lalu mengapa Inggris bisa mendapatkan julukan itu? Ternyata hal ini disebabkan karena Inggris memiliki sebuah pantai, yaitu pantai Dover yang terletak di bagian tenggara Inggris dan memiliki kenampakan di sekelilingnya berupa batuan kapur yang putih apalagi jika terkena sinar matahari. Kata Albion sendiri berasal dari kata latin Albus yang artinya “Putih“. Albion juga merupakan nama kuno untuk Inggris yang digunakan oleh bangsa Yunani dan Romawi di masa lampau.

Tentang Negara Inggris

BACA:  Langkah-langkah Kerja Sinar-X
 

Inggris adalah sebuah sebuah negara yang merupakan bagian dari Britania Raya. Negara ini berbatasan dengan:

Sebagian besar wilayah Inggris terdiri dari bagian tengah dan selatan Pulau Britania Raya di Atlantik Utara. Inggris juga mencakup lebih dari 100 pulau-pulau kecil seperti Isles of Scilly dan Isles of Wight.

Sejarah Masa Lalu Inggris

Wilayah yang saat ini bernama Inggris atau England pertama kali dihuni oleh manusia modern selama periode Paleolitikum. Kata England sendiri berasal dari kata “Angles” yang merupakan salah satu suku Jermanik yang menetap di sana pada abad ke-5 dan ke-6.

Inggris menjadi negara yang bersatu pada tahun 927M dan sejak zaman penjelajahan yang dimulai pada abad ke-15, Inggris telah memberikan pengaruh budaya dan hukum yang signifikan ke berbagai belahan dunia, seperti: Bahasa Inggris, Gereja Anglikan, dan hukum Inggris yang menjadi dasar sistem hukum umum bagi negara lain di seluruh dunia.

BACA:  Pemeriksaan Air Secara Biologi

Sementara itu, sistem parlementer negara ini juga telah banyak diadopsi oleh negara-negara lain. Revolusi Industri yang dimulai pada abad ke-18 menjadikan Inggris sebagai negara industri pertama di dunia. Royal Society Inggris juga berperan penting dalam meletakkan dasar-dasar sains eksperimental modern terhadap ilmu pengetahuan dan teknologi.

Kondisi Geografi dan Demografi Inggris

BACA:  Manfaat atau Fungsi Hutan

Sistem Kerajaan di Inggris

Kerajaan Inggris setelah tahun 1284 termasuk juga Wales adalah sebuah negara berdaulat sampai tanggal 1 Mei 1707. Kemudian Undang-Undang Kesatuan yang menyatakan bahwa Kerajaan Inggris dan Kerajaan Skotlandia disatukan secara politik untuk membentuk Kerajaan Britania Raya disahkan pada tahun 1707.

Pada tahun 1801, Britania Raya bersatu dengan Kerajaan Irlandia dengan disahkannya Undang-Undang Kesatuan 1800 dan kemudian namanya berganti menjadi Kerajaan Bersatu Britania Raya dan Irlandia. Pada tahun 1922, Negara Bebas Irlandia berdiri sebagai suatu domini yang terpisah, namun 6 county di Irlandia Utara tetap memilih untuk menjadi bagian dari Britania Raya, yang kemudian namanya diubah lagi menjadi Kerajaan Bersatu Britania Raya dan Irlandia Utara, yaitu konteks negara Britania Raya yang dikenal hingga sekarang ini.

Artikel ini dikunjungi dengan topik . Baca juga artikel menarik lainnya bagaimana mewujudkan kehidupan Demokratis dalam keluarga dan masyarakatbagian orientasi novel laskar pelangiapa hubungan gerak antara awalan tolakan melayang dan mendarat dalam lompatabjauhdaftar nama nama raja kerajaa gowa talloproperti seni tari language:idtahap berkembang bertambahnya usia seseorangproperti yang digunakan dalam tari jaranan adalah.