CONTOHTEKS
 

Negara-negara Baltik di Kawasan Eropa Utara

 

CONTOHTEKS.NET – Eropa Utara yang terletak di kawasan Eropa bagian utara, memiliki beberapa negara yang termasuk di dalam wilayah kawasannya. Salah satu yang merupakan bagian dari kawasannya adalah negara-negara Nordik atau negara-negara di semenanjung Skandinavia, dan juga negara-negara BaltikBaltik adalah sebutan untuk negara-negara di kawasan Eropa Utara yang merupakan negara-negara pecahan dari Uni Soviet yang terletak di sekeliling Laut Baltik, yaitu sebuah kawasan di Eropa Utara yang mencakup Estonia, Latvia, dan Lithuania.

Negara-negara Baltik di Kawasan Eropa Utara

Sebagaimana yang telah disebutkan di atas, ada 3 negara Baltik yang terdapat di kawasan Eropa Utara, yaitu:

1. Estonia

Estonia adalah sebuah negara berdaulat di kawasan Baltik di Eropa Utara. Estonia berbatasan dengan:

Sementara itu, Baltik terletak di barat laut Swedia, dan di utara terdapat Finlandia.

BACA:  Perbedaan Persuasi Dengan Negosiasi

Estonia terletak di pesisir timur Laut Baltik, melintasi Teluk Finlandia dari Finlandia, di bagian barat-laut serambi timur Eropa, antara 57,3° sampai 59,5°LU dan 21,5° sampai 28,1°BT. Wilayah Estonia sedikit lebih luas daripada Swiss, sebagian besar datar dengan sedikit variasi lekukan. Ada sepanjang 3.794 km garis pantai yang ditandai oleh beberapa pantai, selat, dan teluk. Banyaknya pulau besar dan pulau kecil adalah sejumlah 1.500 buah.

Estonia terdaftar sebagai Ekonomi Berpendapatan Tinggi (High-Income Economy) oleh Bank Dunia, sebagai Ekonomi Maju (Advanced Economy) oleh Dana Moneter Internasional dan anggota OECD berpendapatan tinggi. Perserikatan Bangsa-Bangsa menyatakan Estonia sebagai negara maju dengan Indeks Pembangunan Manusia yang “Sangat Tinggi”. Negara ini juga berperingkat tinggi dalam hal kebebasan pers, ekonomi, demokrasi dan politik, dan pendidikan.

Deskripsi Negara Estonia

BACA:  Sebutkan Faktor Penentu Harga

2. Latvia

Latvia adalah sebuah negara di kawasan Baltik, Eropa Utara. Latvia berbatasan dengan :

Latvia banyak yang tertutup hutan dan memiliki lebih dari 12.000 sungai kecil serta 3000 danau. Kebanyakan merupakan dataran rendah yang subur dengan perbukitan di timur. Titik tertingginya adalah Gaiziņkalns yang mencapai 311,6 m. Iklim di Latvia adalah iklim maritim dan sedang. Biasanya, musim panas sejuk dan basah sedangkan musim dinginnya sedang. Di bagian barat laut, ada bagian Laut Baltik yang menjorok ke darat disebut Teluk Riga.

Latvia adalah anggota PBB, Uni Eropa, Majelis Eropa, NATO, Organisasi untuk Keamanan dan Kerjasama di Eropa, Dana Moneter Internasional, dan Organisasi Perdagangan Dunia, dan bagian dari Zona Schengen. Latvia adalah anggota Liga Bangsa-Bangsa (1921-1946) dan Zona Perdagangan Bebas Baltik (1994-2004). Latvia adalah juga anggota Dewan Negara-Negara Laut Baltik dan Bank Investasi Nordik, dan bersama-sama dengan Estonia dan Lithuania terlibat dalam kerjasama tripihak negara-negara Baltik dan kerjasama Nordik-Baltik.

Deskripsi Negara Latvia

BACA:  Pengertian Dan Contoh Pantun

3. Lithuania

Lithuania adalah sebuah negara di Eropa bagian timur laut. Lituania merupakan salah satu dari 3 Negara Baltik yang dekat dengan Laut Baltik. Negara ini berbatasan dengan:

Deskripsi Negara Lithuania

Artikel ini dikunjungi dengan topik . Baca juga artikel menarik lainnya .