CONTOHTEKS
 

Negara-negara di Kawasan Asia Timur

 

CONTOHTEKS.NET – Asia Timur adalah salah satu sub wilayah dari benua Asia. Luasnya sekitar 6.640.000 km² atau 15% dari benua tersebut. Lebih dari 1.500 juta jiwa atau sekitar 40% dari seluruh penduduk di benua Asia dan 1/4 dari jumlah penduduk dunia tinggal di wilayah Asia Timur. Wilayah ini merupakan salah satu wilayah terpadat di dunia. Kepadatan penduduk Asia Timur berada pada kisaran 230 per km² atau 5 kali rata-rata jumlah penduduk di dunia.

Negara-negara di Kawasan Asia Timur

Ada 8 negara yang termasuk dalam kawasan Asia Timur, yaitu:
1. China (Republik Rakyat Tiongkok)

China mencakup daratan yang sangat luas di bekas Peradaban Lembah Sungai Kuning.  Di timur, bersama dengan pantai Laut Kuning dan Laut Tiongkok Timur, ditemukan luas dan padat yang ditempati lapangan tanah baru, yaitu pesisir Laut Tiongkok Selatan lebih bergunung-gunung dan Tiongkok bagian selatan didominasi daerah berbukit dan jajaran gunung yang lebih rendah. Di bagian tengah timur ditemukan delta 2 sungai utama Tiongkok, yaitu Huang He (Sungai Kuning) dan Chang Jiang (Sungai Panjang). Sungai-sungai utama lainnya ialah Xi Jiang, Mekong, Brahmaputra, dan Amur.

BACA:  Jelaskan Proses Terjadinya Gerhana Matahari dan Gerhana Bulan?

2. Hong Kong

Hong Kong terletak di laut Tiongkok selatan, yaitu di sebelah timur Makau di sisi berlawanan dari Pearl River Delta, serta dikelilingi Laut Tiongkok Selatan di timur, selatan, dan barat, dan berbatasan dengan kota Shenzhen di utara, di seberang Sungai Sham Chun (Sungai Shenzhen).

3. Jepang

Jepang terletak di ujung barat Samudera Pasifik, di sebelah timur Laut Jepang, dan bertetangga dengan RRC, Korea, dan Rusia. Pulau-pulau paling utara berada di Laut Okhotsk, dan wilayah paling selatan berupa kelompok pulau-pulau kecil di Laut Cina Timur, tepatnya di sebelah selatan Okinawa yang bertetangga dengan Taiwan.

BACA:  Apa Akibatnya Bila Tubuh Kekurangan Protein?

4. Korea Selatan

5. Korea Utara

Korea Utara berbatasan dengan RRC dan Rusia di utara, dan dengan Korea Selatan di sepanjang Zona Demiliterisasi Korea. Batas barat Korea Utara adalah Sungai Kuning dan Teluk Korea, sementara di timur terdapat Jepang di seberang Laut Jepang.

BACA:  Apa yang Dimaksud Tundra?

6. Makau

Makau adalah koloni Eropa tertua di Tiongkok, sejak abad ke-16. Pemerintahan Portugal menyerahkan kedaulatan terhadap Makau kepada RRC pada 1999, dan Makau kini merupakan sebuah Daerah Administratif Khusus Tiongkok.

7. Mongolia

Mongolia adalah sebuah negara yang terkurung daratan di Asia Timur, berbatasan dengan Rusia di sebelah utara dan RRC di selatan.

8. Taiwan

Artikel ini dikunjungi dengan topik . Baca juga artikel menarik lainnya .