CONTOHTEKS
   

Hasil Kebudayaan Masyarakat Indonesia di Masa Pra Aksara

 

CONTOHTEKS.NET – Masa pra aksara adalah suatu masa dimana manusia, dalam hal ini manusia purba sebagai masyarakat pertama yang menetap di suatu wilayah di Indonesia belum mengenal tulisan sama sekali, namun mereka tetap bisa bertahan hidup dengan melakukan sejumlah aktivitas seperti bercocok tanam, berburu, serta membuat peralatan yang bisa digunakan untuk kehidupan sehari-harinya.

Sebagaimana diketahui bahwa ada 3 fase penting dalam kehidupan manusia di jaman pra aksara. Setiap fase itu tentunya menghasilkan kebudayaan yang menjadi suatu warisan budaya untuk generasi selanjutnya.

 

Berikut ini hasil kebudayaan masyarakat Indonesia di masa pra aksara :

A. Hasil kebudayaan pada masa berburu dan mengumpulkan makanan

Masa berburu dan mengumpulkan makanan adalah suatu masa dimana manusia melakukan kegiatan berburu dan mengumpulkan makanan dengan bergantung pada kondisi alam tempat mereka tinggal. Pada masa ini, manusia mencoba membuat alat atau benda tajam dari batu atau tulang untuk digunakan saat akan berburu atau menggunakan 2 keping batu yang digosokkan untuk menghasilkan percikan api yang bisa digunakan untuk memasak. Adapun peralatan hasil budaya dari masa ini, antara lain :

1. Kapak Perimbas

2. Kapak Penetak

BACA:  Sebutkan dan Jelaskan Struktur (Susunan) Bagian dari Kulit

3. Pahat genggam

4. Alat serpih

5. Alat-alat dari tulang

B. Hasil kebudayaan pada masa bercocok tanam

Masa bercocok tanam merupakan suatu masa dimana manusia mulai dapat melanjutkan hidupnya dengan memenuhi kebutuhan dari memanfaatkan hutan belukar yang dijadikan sebagai ladang. Di masa ini, manusia juga telah mulai hidup dengan cara menetap di satu tempat. Adapun peralatan hasil budaya dari masa ini, antara lain :

1. Beliung persegi atau kapak persegi

2. Kapak lonjong

BACA:  Kelebihan dan Kekurangan Penggunaan Diagram Peta

3. Mata panah

4. Gerabah

5. Perhiasan

Pada masa ini sudah dikenal perhiasan berupa gelang yang terbuat dari batu dan kerang. Perhiasan ini umumnya ditemukan di Jawa Tengah dan Jawa Barat.

6. Bangunan Megalitik

C. Hasil kebudayaan pada masa perundagian

Masa perundagian adalah suatu masa dimana sekelompok orang dapat dikatakan telah memiliki kepandaian atau keterampilan sendiri. Di masa ini, manusia telah hidup menetap di desa-desa, pegunungan, bahkan di tepi pantai.

BACA:  Serat Alam yang Dapat di Gunakan untuk Kerajinan

1. Nekara

2. Moko

Bentuknya menyerupai nekara yang lebih ramping. Bidang pukulnya menjorok keluar, bagian bahu lurus dengan bagian tengah yang membentuk silinder dan kakinya lurus serta melebar di bagian bawah. Banyak ditemukan di Pulau Alor.

3. Kapak perunggu

Terbagi 3, yaitu kapak corong (kapak sepatu), kapak upacara, dan tembilangan atau tajak. Bentuknya bulat, bersisi panjang, dan terbuat dari logam. Ditemukan di Sumatra Selatan, Jawa Barat, Bali, Sulawesi Tengah dan Selatan, Pulau Selayar, dan Papua.

4. Bejana perunggu

5. Perhiasan perunggu

6. Arca/Patung Perunggu

Ditemukan dengan bentuk yang beragam, antara lain:

Artikel ini dikunjungi dengan topik . Baca juga artikel menarik lainnya bagaimana mewujudkan kehidupan Demokratis dalam keluarga dan masyarakatbagian orientasi novel laskar pelangiapa hubungan gerak antara awalan tolakan melayang dan mendarat dalam lompatabjauhdaftar nama nama raja kerajaa gowa talloproperti seni tari language:idtahap berkembang bertambahnya usia seseorangproperti yang digunakan dalam tari jaranan adalah.