CONTOHTEKS
 

Profil 7 Negara yang Dibentangi Pegunungan Andes

 

CONTOHTEKS.NET – Pegunungan Andes yang terletak di benua Amerika bagian Selatan adalah pegunungan terpanjang di dunia yang membentuk rangkaian dataran tinggi sepanjang pantai barat Amerika Selatan.

Pegunungan ini panjangnya lebih dari 7.000 km, lebarnya mencapai 500 km pada beberapa tempat (terlebar pada 18° sampai 20° LS), dan memiliki ketinggian rata-rata sekitar 4.000 m.

Rangkaian pegunungan Andes terutama terdiri dari 2 pegunungan besar Cordillera Oriental dan Cordillera Occidental, yang sering dipisahkan dengan depresi antara yang dalam, di mana kemudian muncul rangkaian pegunungan minor, seperti Cordillera de la Costa di Chili.

Cordillera de la Costa berawal dari ujung selatan benua dan berlanjut ke utara, paralel dengan pantai, terpecah menjadi beberapa pulau di bagian awalnya dan selanjutnya membentuk batas barat lembah tengah besar Chili.

Ke utara, rangkaian di pesisir ini berlanjut sebagai rangkaian perbukitan atau bukit-bukit terpencil sepanjang Samudera Pasifik sampai mencapai Venezuela, dengan selalu membentuk lembah di bagian barat rangkaian besar.

BACA:  Apa yang Dimaksud Dengan Makanan 4 Sehat 5 Sempurna?

Gunung tertinggi di pegunungan Andes adalah Aconcagua yang menjulang hingga sekitar 6.962 m dpl. Puncak Chimborazo di wilayah Ekuador adalah titik di permukaan bumi yang paling jauh dari pusat bumi karena adanya gelembung khatulistiwa.

Pegunungan Andes tidak dapat menyamai pegunungan Himalaya dalam hal ketinggian, tapi Pegunungan Andes lebih lebar dan lebih panjang 2 kali lipat dari pada pegunungan Himalaya.

Profil 7 Negara yang Dibentangi Pegunungan Andes

Negara-negara yang dibentangi oleh pegunungan Andes kadang disebut juga “Negara-Negara Andean” (Andean States). Ke-7 negara tersebut, yaitu:

1. Argentina

2. Bolivia

BACA:  Kerajaan-Kerajaan yang Bercorak Hindu Budha Di Indonesia

3. Chili

4. Colombia

5. Ekuador

BACA:  Bencana Alam Akibat Atmosfer

6. Peru

7. Venezuela

Di lepas pantai Venezuela juga terdapat negara-negara Karibia, yaitu Aruba, Antillen Belanda, Trinidad, dan Tobago.

Artikel ini dikunjungi dengan topik . Baca juga artikel menarik lainnya .