CONTOHTEKS
 

Alga Cokelat atau Phaeophyta Memiliki Piogmen

 

CONTOHTEKS.NET – Phaeophyta (Yunani, phaios cokelat) adalah jenis ganggang yang hidup di laut, berwarna cokelat karena mengandung pigmen dominan fukosantin (cokelat) yang menutup pigmen lainnya, yaitu klorofil a, klorofil c, dan xantofil.
Phaeophyta menyimpan cadangan makanan berupa minyak laminarin. Dinding selnya mengandung pektin dan asam alginat. Phaeophyta merupakan ganggang multiseluler yang berbentuk benang atau talus (menyerupai tumbuhan tingkat tinggi). Mereka melekat pada batuan dengan bantuan holdfast, atau mengapung karena memiliki alat pelampung yang terdapat di dekat blade. Reproduksi secara aseksual dengan fragmentasi dan secara seksual dengan isogami atau anisogami.
Ciri-ciri Phaeophyta Alga Cokelat
1. Phaeophyta adalah bentuk paling kompleks dari alga. Dinding sel terdiri dari selulosa dan asam alginat (polisakarida kompleks).
2. Tidak seperti alga hijau atau Chlorophyta, mereka tidak benar pati.
3. Cadangan makanan mengandung gula, alkohol yang lebih tinggi dan bentuk kompleks lainnya polisakarida.
4. Anggota Phaeophyta milik ordo Laminarales disebut kelps.
5. Kelps adalah satu-satunya alga dengan diferensiasi jaringan internal yang signifikan.
6. Meskipun memiliki jaringan konduktif seperti xilem dan floem tidak hadir, kelps menunjukkan semacam jaringan konduktif.
7. Perkembangan mirip dengan spesies alga lainnya, reproduksi alga ini berlangsung dengan baik cara-cara seksual dan aseksual.
8. Phaeophyta pada tingat tinggi memiliki siklus hidup yang terdiri dari tahap haploid dan diploid, disebut sebagai pergantian generasi. talus mewakili tahap haploid dan tahap diploid mungkin mirip (isomorfik) atau berbeda (heteromorphic).
Pigmen Phaeophyta
Pigmen yang terdapat pada ganggang coklat (Chrysophyta) adalah klorofil a, klorofil b, karoten dan xantofil. (Fukoxantin) yang terdiri dari violaxantin, flavoxantin, a dan neofukoxontin b, xantofil memberikan kesan warna coklat pada chrysophyta.
Berdasarkan tipe pergantian keturunan, phaeophyto di bagi dalam 3 golongan, yaitu:
1. Golongan Isogeneratae
Golongan isogeneratae yaitu golongan tumbuhan yang memiliki pergiliran keturuan isomorf. Sporofit dan gametofit mempunyai bentuk dan ukuran yang sama secara morfologi tetapi sitologinya berbeda.
Contoh: Ectocarpus
2. Golongan Heterogenerate
Golongan heterogenerate yaitu golongan tumbuhan yang memiliki pergiliran keturunan yang heteromorf. Sporofit dan gametofitnya berbeda secara morfologi maupun sitologinya.
Contoh: Laminaria
3. Golongan Cyelosporae
Golongan cyelosporae yaitu golongan tumbuhan yang tidak memiliki pergiliran keturunan.
Contoh: Fucus
Habitat Phaeophyta
Seperti ganggang lainnya, penyebaran ganggang coklat sangat luas, dari iklim tropis sampai ke zona kutub. Ganggang coklat dapat ditemukan di zona pasang surut, dekat terumbu karang dan perairan yang lebih dalam.
Manfaat Phaeophyta
1. Phaeophyta komersial dieksploitasi termasuk milik perintah, Laminarales dan Fucales.
2. Sebelumnya, rumput laut Phaeophyta digunakan untuk ekstraksi yodium dan kalium.
3. Dalam beberapa aplikasi, Phaeophyta secara luas dimanfaatkan untuk ekstraksi asam alginat, yang digunakan untuk menurunkan alginat, gel koloid utama yang digunakan sebagai stabilizer, emulsifier atau pengikat dalam banyak aplikasi industri.
4. Selain asam alginat, agar, karagenan juga berasal dari Phaeophyta.
5. Secara komersial, alginat digunakan dalam pencetakan kain, kue, pasta gigi, sabun, es krim, pengawetan daging, dll
6. Penggunaan lain Phaeophyta adalah dalam pembuatan semprotan pertanian atau hortikultura.
7. Selain itu, Phaeophyta digunakan sebagai sumber makanan. Ganggang coklat, laminaria dibudidayakan di kolam alga buatan manusia (menggunakan tali) untuk produksi suplemen makanan dan alginat.
8. Panen Phaeophyta kemudian diproses untuk menyiapkan makanan rumput laut. Ini makanan rumput laut yang sangat kaya protein yang diekspor ke berbagai negara, terutama untuk memecahkan masalah kekurangan gizi.
9. Ganggang coklat telah terbukti menjadi salah satu spesies paling mudah beradaptasi, dan juga salah satu faktor utama dalam pemeliharaan ekosistem yang seimbang.

BACA:  Mengapa Peran Manusia Sangat Penting dalam SIG?

Artikel ini dikunjungi dengan topik . Baca juga artikel menarik lainnya .