CONTOHTEKS
   

Pengertian, Ciri, Struktur dan Kaidah Kebahasaan Teks Anekdot

 

Teks anekdot merupakan sebuah karangan atau cerita singkat yang menarik dan bersifat lucu dan pada umumnya melukiskan tentang kejadian – kejadian terhadap orang – orang sebenarnya.

 

Anekdot biasanya ditulis dengan singkat – singkat saja termasuk di dalamnya adalah berisikan pengaturan dan provokasi terhadap sebuah kelakar.

Anekdot dapat disajikan berdasarkan kepada kejadian – kejadian nyata yang melibatkan subjek dan objek sebenarnya, apakah itu terkenal di lingkungan atau tidak sama sekali, pada umumnya terjadi pada suatu tempat yang dengan mudah diidentifikasikan.

Seiring perkembangan zaman, mulailah bermunculan modifikasi – modifikasi dimana utamanya terjadi ketika ada penceritaan kembali yang mampu merubah sebuah anekdot tertentu menjadi sebuah karya fiksi yaitu kisah – kisah yang menceritakan kembali hal – hal saling berhubungan dan cenderung menjelaskan tentang dunia nyata.

Cerita – cerita ini kadang – kadang bersifat menghibur namun bukan ditujukan sebagai sebuah lelucon karena tujuan utamanya adalah memancing tawa sekaligus mengungkapkan tentang sebuah kebenaran yang bersifat umum dibandingkan kisah – kisah singkat yang ditulis atau menggambarkan tentang sifat – sifat karakter dengan jelas dan ringan sehingga mampu memikat dan mendapatkan pemahaman secara langsung ke intinya.

BACA:  Tahapan Persiapan Wawancara

Struktur Teks Anekdot

Melihat penjelasan singkat dari kami tersebut di atas maka teks anekdot dibuat dengan menyertakan struktur – struktur yang membentuknya.

Struktur teks anekdot antara lain berisikan hal – hal yang menyangkut reorientasi, koda, reaksi, krisis, even – even, orientasi dan abstraksi.

Guna mengenal lebih mendalam tentang masing – masing bagian dari struktur teks anekdot maka simak penjelasan dari kami tersebut di bawah ini :

BACA:  Apa Yang Dimaksud Dengan Outline?

Tujuan Pembuatan dan Kaidah Kebahasaan Teks Anekdot

Melihat kembali penjelasan yang sudah kami uraikan tersebut di atas maka selanjutnya mengetahui tentang tujuan dari dibuatnya teks anekdot yang biasanya ditujukan kepada para pembaca pada masing – masing kisah cerita yang ditulis dengan memakai teks jenis ini.

Tujuan yang sudah ditentukan tersebut merupakan latarbelakang dari kondisi pengarang yang sedang menulis dengan memakai teks anekdot.

Di bawah ini akan kami berikan beberapa tujuan dibuatnya teks ini  antara lain sebagai media untuk memberikan saran dan pengkritik, sebagai media untuk memberikan saran dan penghibur, dan media untuk membangkitkan tawa bagi yang kebetulan membaca teks tersebut.

BACA:  Pengertian, Ciri-ciri dan Jenis-Jenis Teks Analogi

Sedangkan kaidah – kaidah kebahasaan yang terselip di dalam serangkaian teks anekdot adalah mengaplikasikan jenis pernyataan yang bersifat retorik yaitu serangkaian kalimat – kalimat pertanyaan yang tidak mengharuskan untuk mendapatkan jawaban, menjelaskan urutan – urutan peristiwa berdasarkan waktu, menggunakan kata kerja dan memakai kata – kata penghubung.

Ciri – Ciri Teks Anekdot

Ciri – ciri teks anekdot dalam sebuah kalimat pada suatu karangan adalah secara garis besar mengisahkan tentang beberapa karakter hewan yang dihubungkan dengan manusia secara umum dan realistis.

Selain itu, teks anekdot juga kadang mengisahkan cerita – cerita yang disajikan mirip dengan sebuah dongeng, cerita yang tersaji rata – rata mempunyai tujuan – tujuan tertentu, kadang – kadang mengisahkan tentang beberapa orang penting dan bersifat menyindir, bersifat menggelitik dan bersifat humor.

***

Demikian kami menjelaskan dengan singkat mengenai materi tentang teks anekdot. Semoga bermanfaat bagi para pembaca.

Artikel ini dikunjungi dengan topik . Baca juga artikel menarik lainnya apa pengertian dari globalisasiHadis tentang menutup aurat riwayat abu daud (4017)dan lainya dengan sanad yang hasanBunyi Hadits tentang menutup aurat dari( HR-ABU DAWUD DAN SANAD YANG HASAN Pakai bahasa latinkitab suci agama hindumahal mana besi atau alumunium untuk penghantar magnetBeruang madu.