CONTOHTEKS
 

Pengertian, Ciri, Struktur dan Jenis-Jenis Teks Biografi

 

Yang dimaksud dengan teks biografi merupakan sebuah karya tulis atau suatu tulisan yang menjelaskan tentang kehidupan seseorang atau mengisahkan cerita – cerita hidup seseorang selama mereka masih hidup di dunia ini.

 

Dalam hal ini biografi singkat yang dimaksudkan hanyalah mengulas tentang kenyataan – kenyataan yang terjadi dalam kehidupan seseorang dimana di dalamnya terdapat fungsi penting ditujukan kepada penjelasan untuk lingkungan tertentu saja.

Dikenal juga biografi panjang yang mencakup hal – hal terkait dengan sebuah informasi yang disajikan adalah mempunyai sifat – sifat penting tetapi selanjutnya diceritakan dengan lebih lengkap dan jelas disertai gaya cerita yang menarik.

Biografi akan menjadi sebuah buku yang di dalamnya menjelaskan tentang peristiwa – peristiwa sedang atau telah dialami oleh seseorang.

Nantinya diharapkan melalui biografi ini anda akan menemukan sebuah hubungan atau komunikasi dengan mengumpulkan dan menemukan sebuah hubungan agar dapat memperoleh keterangan atau penjelasan dari sebuah tindakan dan misteri yang meliputi kehidupan seseorang.

Menurut kaidah kebahasaan, teks biografi terdiri atas kata – kata hubung, rujukan kata, kejadian, waktu dan tempat, serta kata kerja.

Ciri – Ciri Teks Biografi

Berikut adalah beberapa ciri khas dari teks biografi:

BACA:  Contoh Kalimat Aktif Transitif dan Aktif Intrasitiif

1. Teks – teks biografi itu sendiri memiliki struktur yang jelas. Strukturnya terdiri atas reorientasi, masalah, dan orientasi.

2. Teks – teks biografi yang memiliki fungsi untuk membawa kepada suatu kenyataan dari adanya pengalaman hidup dari sebuah tokoh guna menyelesaikan masalah – masalah yang ada sehingga pada akhirnya akan menjadi berhasil dan diharapkan difungsikan sebagai suri tauladan.

3. Teks – teks biografi haruslah dapat membawa sebuah informasi yang berlandaskan tentang kenyataan terhadap para tokoh yang saat itu sedang dikisahkan ke dalam bentuk narasi.

Jenis – Jenis Teks Biografi

Berkut adalah beberapa jenis teks biografi yang sering dijumpai sehari-hari:

1. Teks biografi yang dilandaskan atas isinya

Adapun jenis teks biografi yang berdasarkan atas isinya dapat dibagi menjadi 2 bagian diantaranya adalah sebagai berikut:

a. Biografi yang menjelaskan tentang perjalanan karir yaitu teks – teks biografi yang di dalamnya bercerita atau mengisahkan tentang perjalanan karir seseorang atau seorang tokoh dari mulai awal mula perjalanan hingga mereka sukses di dalam menggapai sebuah cita – cita dan kesuksesan pada umumnya yang telah lama diimpi – impikan selama ini.

b. Biografi mengenai perjalanan hidup yaitu di dalamnya menggunakan teks – teks biografi yang menceritakan atau mengisahkan tentang kisah – kisah perjalanan hidup seseorang atau disebut sebagai tokoh yang ditulis secara lengkap dan jelas atau diringkas.

2. Teks biografi berlandaskan atas kondisi penulisnya

Teks biografi yang dilandaskan atas kondisi penulisnya yaitu bisa dibagi menjadi dua bagian:

BACA:  Pengertian, Ciri-ciri dan Jenis-Jenis Teks Analogi

Pertama, biografi yaitu sekumpulan teks – teks biografi yang biasanya ditulis atau dikutip oleh orang lain melalui izin secara langsung dari tokoh – tokoh yang sedang dikisahkan di dalam sebuah karya tulis.

Kedua adalah autobiografi merupakan biografi yang dibuat dari teks – teks biografi yang dikutip sendiri oleh tokoh – tokoh atau orang – orang yang bersangkutan dengan autobiografi yang sedang dikerjakan.

3. Teks biografi yang dilandaskan atas persoalan yang diulas

Dalam hal ini teks – teks biografi yang dilandaskan atas persoalan yang diulas terbagi menjadi dua bagian, yaitu:

Pertama adalah buku – buku subsidi yaitu sekumpulan buku – buku biografi yang proses pembentukan atau langkah pembuatannya mendapatkan biaya – biaya dari pihak sponsor baik itu dari sisi biaya penulisan, dari faktor biaya percetakan bahkan dari biaya – biaya lainnya yang sifatnya tak terduga ditanggung oleh pihak sponsor.

Yang kedua adalah buku – buku sendiri adalah teks biografi yang digunakan biografi dimana masing – masing biayanya ditanggung oleh perseorangan atau diri sendiri atau oleh orang – orang yang sedang menyiapkan biografi tersebut.

Struktur Teks Biografi

Dalam kaidah Bahasa Indonesia dikenal tiga bagian struktur teks biografi yang umum digunakan diantaranya adalah sebagai berikut :

1. Struktur reorientasi

Apakah yang dimaksud dengan struktur reorientasi dalam hal ini ? Reorientasi merupakan teks – teks biografi yang terletak di bagian penutup suatu kalimat.

BACA:  Mendalami Unsur Intrinsik Dalam Cerpen

Di dalamnya berisikan tentang apa – apa saja yang menjadi pandangan dari penulis yang ditujukan kepada para tokoh yang sedang ditulis atau dikisahkan di dalam biografi yang dimaksudkan.

Reorientasi menyimpan sifat – sifat opsional dalam arti bahwa bagian yang dimaksudkan boleh – boleh saja mencantumkan atau menghilangkan bagian tertentu untuk tidak dicantumkan.

2. Struktur masalah dan kejadian atau peristiwa

Pada bagian kedua ini yaitu bagian kejadian atau peristiwa merupakan bagian – bagian atau aspek yang menggambarkan sebuah kondisi dimana berisikan tentang segala kejadian atau hal – hal sebagai peristiwa yang sudah pernah dialami oleh seseorang.

Masalah yang terselip di dalamnya adalah berisikan masalah – masalah yang sudah pernah mereka rasakan / hadapi di dalam menggapai suatu tujuan disertai impian – impian di dalam sebuah kehidupan yaitu mengenai persoalan – persoalan yang sangat menarik, mengesankan, mengagumkan, dan juga menyedihkan pernah dialami oleh seseorang sebagai tokoh seperti dibahas atau diceritakan dalam bagian bersangkutan. 

3. Struktur orientasi

Yang dimaksudkan dengan struktur orientasi adalah suatu bagian dimana di dalamnya menjelaskan atau menerangkan tentang serangkaian pengenalan tokoh – tokoh yang berisikan mengenai tokoh – tokoh yang sedang diceritakan atau dikisahkan di dalam kalimat dengan mengaplikasikan teks biografi.

***

Demikian kami menjelaskan dengan singkat mengenai materi tentang teks biografi. Semoga bermanfaat bagi para pembaca.