CONTOHTEKS
 

Proses Terjadinya Badai

 

CONTOHTEKS.NET – Badai adalah cuaca yang ekstrem, mulai dari hujan es dan badai salju sampai badai pasir dan debu. Badai disebut juga siklon tropis oleh meteorolog, berasal dari samudera yang hangat. Badai bergerak di atas laut mengikuti arah angin dengan kecepatan sekitar 20 km/jam.
Badai bukan angin ribut biasa.Kekuatan anginnya dapat mencabut pohon besar dari akarnya, meruntuhkan jembatan, dan menerbangkan atap bangunan dengan mudah.Tiga hal yang paling berbahaya dari badai adalah sambaran petir, banjir bandang, dan angin kencang.Terdapat berbagai macam badai, seperti badai hujan, badai guntur, dan badai salju. Badai paling merusak adalah badai topan (hurricane), yang dikenal sebagai angin siklon (cyclone) di Samudera Hindia atau topan (typhoon) di Samudera Pasifik.
Penyebab Badai
Penyebab badai adalah tingginya suhu permukaan laut.Perubahan di dalam energi atmosfer mengakibatkan petir dan badai. Badai tropis ini berpusar dan bergerak dengan cepat mengelilingi suatu pusat, yang sumbernya berada di daerah tropis. Pada saat terjadi angin ribut ini, tekanan udara sangat rendah disertai angin kencang dengan kecepatan bisa mencapai 250 km/jam. Hal ini bisa terjadi di Indonesia maupun negara-negara lain. Di dunia, ada tiga tempat pusat badai, yaitu di Samudera Atlantik, Samudera Hindia, dan Samudera Pasifik.
Proses Terbentuknya Badai
Sumber utama energi raksasa penggerak badai tropis berasal dari proses kondensasi yakni yakni mengembunnya kandungan uap air pada udara lembab yang bergerak naik ke ketinggian atmosfer yang dingin. Pada proses kondensasi, uap air akan melepas energi panas kandungannya. Energi panas yang dilepaskan oleh uap air akan terkumpul menjadi energi penggerak dari badai tropis. Selain udara lembab juga diperlukan unsur-unsur lain seperti lautan hangat, adanya gangguan cuaca, dan angin yang bergerak naik membawa udara lembab. Bila unsur-unsur tersebut berlangsung cukup lama, maka terjadilah angin kencang, gelombang laut tinggi , hujan deras dan banjir yang mengikuti fenomena badai tropis.
Macam-Macam Jenis Badai
1. Badai Debu
Topan debu Angin kencang membawa dengan mereka partikel halus bahan tanah liat dan lumpur, kotoran dan setiap jarak jauh. Dan membayar partikel tetap tersuspensi di udara sepanjang durasi badai debu. Diameter sebagian besar partikel kurang dari 1 / 16 mm. Dan badai debu terjadi di tempat-tempat di mana ada sedikit atau tidak ada vegetasi di sana, baik karena kurangnya hujan atau karena kegiatan pertanian miskin.
Badai debu juga memimpin memainkan peranpentingdalamerositanah. Badai debu yang mencakup ratusan kilometer, dan dapat mencapai ketinggian 300 m Merpo. Cuaca badai dan 875 ton metrik partikel debu di setiap kilometer kubik udara. Disertai dengan kecepatan angin hingga 40 km / jam badai debu.
Badai debu terjadi paling di daerah mana kita patung angin yang kuat, dan di daerah terbuka yang luas. Bagian terbuka of Colorado, Kansas, New Mexico, Oklahoma dan Texas, selama tiga puluhan abad kedua puluh, untuk badai debu yang parah telah menyebabkan fenomena erosi tanah. Dan badai debu terjadi dalam waktu saat ini di beberapa tempat di Semenanjung Arab dan AfrikaUtara, Asia dan Eropa.
2. Badai Salju
Badai salju Es angin dingin visi jelas kekerasan. Dia berbicara tentang badai salju kekerasan, ketika bergerak di luar bagian depan udara dingin dari Kutub Utara ke dalam zona sedang. Bayar udara meningkat udara dingin berat hangat basah di sepanjang perbatasan antara dua front Alhoaiitin. Ini disebut perbatasan Cold Front. Bangkitnya gerakan ini membawa badai salju, disertai dengan angin utara dingin. Badai salju banyak, setelah masa cuaca yang luar biasa hangat di musim dingin. Diketahui badai salju definisi kekerasan penuh sebagai badai, atau penurunan besar salju, disertai angin dengan kecepatan 56 km atau lebih dalam satu jam. Dan menemani gelar ini angin dingin dari -12 ° C dan jarak pandang kurang dari 150 meter. Dan Kekerasan badai salju Kecepatan angin melebihi 72 kilometer per jam disertai dengan suhu di bawah -12 ° C. Dan mendekati nol visibilitas. Dia berbicara badai salju di Northern Besar Alberrai di Amerika Serikat, dan Kanada timur dan pusat, dan di berbagai bagian Rusia. Hal ini dapat menahan angin salju yang akan menghambat kehidupasehari-hariinhibisi lengkap.
3. Badai pasir
Badai pasir Storm di mana angin membawa sejumlah besar pasir di udara, dan awan pasir angin-ditanggung atas permukaan bumi, sebagian besar pasir tidak naik ke atas 50 cm, tetapi beberapa butiran naik pasir hingga ketinggian dua meter. Diameter butir rata-rata yang dibawa oleh angin antara 0,15 dan 0,30 mm. Selama badai pasir angin kecepatan hingga 16 km per jam dan lebih, sebagai badai terus selama tiga jam sampai lima jam.
Kebanyakan terjadi badai gurun pasir di daerah berpasir, beberapa di antaranya terjadi di pantai dan dasar sungai kering atau daerah di mana sisa-sisa kerikil dan pasir dan lumpur, yang disebut Alluvial penggemar. Dan mengurangi badai debu dari visibilitas dan menimbulkan ancaman bagi arus lalu lintas dalam cara padang pasir, karena mereka berkontribusi pada kehancuran tanaman. Badai Pasir bergerak melalui pasir dalam mendorong kuat, dan ketika meningkatkan kecepatan angin membungkus butiran pasir bergerak maju untuk memukul butir lain, juga dibayar oleh maju. Beberapa dari manik-manik ke bawah dan kemudian pindah lagi setelah memukul batu atau kerikil, sementara yang lain dikuburkan. Tapi tumbukan disebabkan dalam pembayaran biji-bijian lain kedalam udara.
4. Badai Amonazisip
Magnetic badai Gangguan dalam medan magnet yang kuat dari Bumi. Dan menghasilkan badai seperti ini untuk partikel halus dengan energi tinggi, dan radiasi yang kuat dari matahari, karena aktivitas matahari. Dan berbeda dari tingkat keseluruhan kegiatan tergantung pada badai magnetik Siklus aktivitas matahari Diulang setiap tahun sebelas. Dan juga berbeda tergantung pada periode rotasi matahari yang 27 hari.
Terkait dengan banyak badai magnetik Lubang korona matahari Yang merupakan daerah dengan kepadatan rendah pada mahkota matahari. Dihasilkan dari matahari aliran berkelanjutan partikel halus dengan muatan listrik disebut Solar angin. Tren ini muncul terutama dari lubang korona matahari. Dan menunjukkan kecepatan tinggi aliran angin matahari semakin besar aktivitas matahari. Ketika bertabrakan partikel dan komponen yang bergerak cepat dari arus, medan magnet bumi, medan magnet repels beberapa partikel. Menghasilkan badai magnetik dari interaksi antara partikel dan medan magnet bumi.
Distributed surya angin di daerah dengan polaritas magnet besar positif atau negatif. Dan terjadi ketika badai magnet yang disebabkan oleh rotasi matahari di perbatasan tebing antara bidang-bidang seperti di kutub terbalik align tanah. Transmisi fenomena perbatasan terkait dengan badai magnetic terdekat magnetik.
Para ilmuwan yakin bahwa banyak dari Solar flare Yang adalah ledakan di permukaan matahari juga menyebabkan badai magnetik. Seperti badai dimulai tiba-tiba, tidak seperti yang berhubungan dengan angin surya, yang dimulai secara bertahap. Dan mengeluarkan proton suar matahari dan elektron dengan energi tinggi, di samping radiasi dalam bentuk sinar gamma dan sinar-X. Dan cadangan elektron medan magnet bumi dan proton. Dan mempengaruhi sinar gamma dan X-rayDalam medan magnet untuk menyebabkan perubahan dalam ionosfer dan Van Allen Belts, Yang adalah area bentuk donat partikel bermuatan yang mengelilingi bumi.

BACA:  Bagaimana Tanaman Cocor Bebek Berkembang Biak?

Artikel ini dikunjungi dengan topik . Baca juga artikel menarik lainnya .