CONTOHTEKS
 

Pemanfaatan Bunyi Pantul

 

CONTOHTEKS.NET – Pemantulan bunyi terjadi karena gelombang bunyi menabrak bidang pantul kemudian gelombang bunyi tersebut dipantulkan oleh bidang pantul tesebut. Ketika kita mendengar suara petir, mungkin kita juga akan mendengar suara susulan yang merupakan gema suara aslinya. Suara susulan ini terjadi akibat adanya bunyi yang menumbuk dinding penumbuk, kemudian dipantulkan oleh dinding itu.
Tidak semua bunyi yang mengenai dinding pemantul akan dipantulkan. Ada sebagian bunyi tersebut yang diserap dinding pemantul. Kemampuan suatu permukaan dalam memantulkan bunyi tergantung pada keras lunaknya permukaan.
Hukum Pemantulan Bunyi
Pemantulan bunyi mengikuti suatu aturan hukum pemantulan bunyi sebagai berikut. “Bunyi datang, garis normal, dan bunyi pantul terletak dalam satu bidang datar. Sudut datang sama besar dengan sudut pantul”.
Pemanfaatan Bunyi Pantul
1.Mengukur cepat rambat bunyi
cara mengukur cepat rambat bunyi dalam prinsip ini cukup mudah yaitudengan cara mengukur waktu yang diperlukan bunyi sejak keluar dari sumberbunyi sampai kembali ke tempat semula . kemudian kita mengukur jaraksumber bunyi ke tempat pemantul . dengan melakukan pengukuran ini kitadapat mengetahui cepat rambat bunyi di udara
v= t. s2
Keterangan:
v = cepat rambat bunyi ( m / s ) ,
s = jarak ( m ) , dan
t = waktu ( s )
jika cepat rambat bunyi sudah di ketahui pemantulan bunyi dapat digunakanuntuk mengukur jarak
s = 21vt
dengan mengukur waktu yg di perlukan bunyi sejak dipancarkan sampai ditangkap kembali, jarak pemantuL dari sumber bunyi dapat dihitung
2. Mengukur Kedalaman Laut
Cepat rambat bunyi dalam air laut sudah diketahui . untuk mengukurkedalaman laut , kapal memancarkan bunyi ke dasar laut . pada dasar kapalterdapat pendeteksi bunyi ( detektor ). Detektor ini menghasilkan gelombanglistrik jika mendapat bunyi pantul dengan mengukur waktu yang diperlukansejak bunyi dipancarkan sampai ditangkap kembali oleh detektor , kedalaman laut di bawah posisi kapal dapat ditentukan dengan demikian kedalaman lautsuatu wilayah dapat dipetakan dengan teliti.
3. Mengetahui Kandungan Ikan di bawah laut
Dengan mengarahkan gelombang bunyi ke dalam laut kita dapat mengetahuikandungan ikan di bawah laut sebagian gelombang akan dipantulkan olehikan-ikan yang berenang di bawah permukaan laut kita dapat membedakangelombang pantul benda yang diam dan benda yang bergerak.
4.Mengukur panjang lorong gua
Dengan mengarahkan gelombang bunyi ke dalam gua kita dapat mengetahuipanjang lorong gua gelombang tersebut akan dipantulkan oleh dinding gua dengan mengukur waktu yang di perlukan gelombang kembali ke pengirim setelah dipantulkan oleh dinding gua panjang lorong gua dapat ditentukan.
5.Menyelidiki lapisan bumi
Gelombang sebenarnya tidak harus dipantulkan oleh benda yang keras ,pantulan pada benda yang lunak itu sebenarnya terjadi yaitu pemantulan , dan penerusan kulit bumi terdiri dari berbagai lapisan bahan jika gelombang bunyi dihasilkan dipermukaan
(contoh : meledakan dinamit ), gelombang tersebut merambat masuk ke kulit bumi sebelah dalam.
Setelah menjumpai lapisan kulit bumi yg berbeda sebagian dr gelombang tsb akan di pantulkan dengan mengukur waktu yang diperlukan gelombang pantul kembali kepermukaan bumi kedalaman suatu lapisan dapat di tentukan.

BACA:  Apa Keuntungan Tinggal di Daerah Beriklim Tropis?

Artikel ini dikunjungi dengan topik . Baca juga artikel menarik lainnya .